Warga Masih Takut Konsumsi Daging Sapi Terjangkit PMK, Pemkab Probolinggo Jamin Aman

Probolinggo,- Penyebaran Penyakit Mulut dan Kulit (PMK) di Indonesia, hingga saat ini belum dapat dikendalikan. Dampaknya, masyarakat enggan mengkonsumsi daging sapi, bahkan harga jual sapi ikut anjlok.

Padahal, hari raya qurban sudah di depan mata. Seperti yang lazim diketahui, memotong sapi dan kambing merupakan kebiasaan yang dilakukan umat Islam mengingat melimpahnya hewan yang dikurbankan warga.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) pun ‘turun gunung’. Sosialisasi dan edukasi secara masif dilakukan agar phobia terhadap daging hewan yang terpapar PMK berkurang.

Seperti yang dilakukan petugas Disperta Kabupaten Probolinggo di Pasar Wangkal, Kecamatan Gading, Kamis (23/6/22). Sejumlah pedagang daging dikumpulkan dan diberikan pemahaman soal PMK.

Medik Veteriner Muda Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta) Kabupaten Probolinggo, Nicolas Nuryuliaton mengatakan, sosialisasi dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa daging hewan yang terpapar PMK masih aman dikonsumsi oleh manusia.

“Ya memang (benar) penyakit PMK ini tidak menular ke manusia, asalkan dimasak dengan benar direbus dengan benar selama 30 menit baru setelah itu diolah,” katanya.

Nico mengingatkan, masyarakat setelah membeli daging sapi di pasar, tidak langsung dicuci melainkan langsung direbus selama 30 menit. Karena jika dicuci dikhawatirkan penyebaran PMK semakin merebak.

“Kalau langsung dicuci itu kan nantik airnya ke selokan dan kemudian diminum oleh hewan lain, itu yang khawatir menyebarnya lewat itu. Makanya setelah mendapatkan daging dari pasar, alangkah baiknya langsung direbus saja selama 30 menit dan jika tidak mau langsung diolah bisa di diamkan di lemari es selama 1×24 jam masih aman,” imbuh dia.

Saat ini, dikatakan Nico, banyak masyarakat yang beralih ke daging ayam untuk bahan baku pentol lantaran khawatir tertular PMK jika menggunakan daging sapi. Oleh karenanya, ia menghimbau masyarakat tidak takut berlebihan.

Baca Juga  Sudah 11 Orang Positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo

“Harapan kami, masyarakat tidak takut untuk mengkonsumsi produk hewan khususnya daging sapi, karena PMK tidak akan menular ke manusia asalkan sesuai dengan arahan yang kami sampaikan itu. Apalagi daging produk RPH kami, insyaallah aman dan sesuai dengan SOP yang berlaku saat ini,” tuturnya memungkasi. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …