Ingin Tetap Sehat saat New Normal? 4 Langkah ini Harus Kamu Lakukan

PANTURA7.com, Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memunculkan tananan kehidupan baru, yang disebut ‘New Normal’. Dalam era new normal, aktivitas mulai dijalani secara normal seperti biasa.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan, new normal adalah kembali ke kehidupan normal seperti biasa. Namun ada kebiasaan baru yang ditambahkan yakni mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Seperti pakai masker saat keluar rumah, sering cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dan jaga jarak, cukup istirahat, tetap bahagia dan konsumsi nutrisi yang bergizi,” kata dr Muliaman, seperti dilansir dari detikHealth, Sabtu (20/6/2020).

Menghadapi era new normal, selain protokol kesehatan, ada sejumlah tips yang perlu dijalani agar tubuh tetap sehat sehingga aktivitas tidak terganggu. Sebagaimana berikut :

1.Bawa Bekal Sendiri
Salah satu cara terbaik dan termudah untuk menjalani hidup tetap sehat adalah dengan mengemas makan siang dan membawanya ke kantor daripada terus menerus memesan. Anda bisa menentukan sendiri menu makanan sehat yang ingin dikonsumsi, bahkan Anda bisa berkreasi membuat makanan yang nikmat daripada hanya makan itu-itu saja di kantin.

2.Duduk Santai dan Beristirahat
Fokus pada pekerjaan memang penting, namun jangan terlalu berlebihan. Sebab dalam sebuah studi disebutkan bahwa duduk selama lebih dari 8 jam sehari meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 90%. Cobalah untuk rebahan atau berdiri sejenak untuk meregangkan tubuh agar tidak kaku.

3.Jalan-jalan Sore
Kegiatan ini masih berkaitan dengan poin kedua, bedanya adalah dilakukan pada saat libur. Cobalah luangkan waktu 5-7 menit untuk jalan-jalan di sekitar rumah pada saat hari libur untuk tetap aktif bergerak dibanding terus tidur di rumah.

4.Rutin Berolahraga
Cara terbaik untuk memastikan tubuh Anda benar-benar sehat adalah dengan meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin pada pagi hari. Jadwalkan olahraga di sela-sela jadwal pekerjaan Anda dan berkomitmenlah dengan hal itu.

Baca Juga  Lima Terduga Provokator Lekok Ditangkap Polisi

Selain protokol kesehatan diatas, menurut dr Muliaman, seseorang juga harus mengatur jumlah dan pilihan kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh terutama yang berhubungan dengan daya tahan tubuh.

“Ada beberapa nutrisi yang memang diperlukan untuk daya tahan tubuh seperti yang tinggi protein dan cukup kandungan vitamin dan mineralnya,” lugas dia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …