Kembangkan Wisata, Jalan Desa Tamansari Kraksaan Diperlebar

Kraksaan,- Pemerintah Desa (Pemdes) Taman Sari, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Peobolinggo berbenah. Untuk memajukan desa, khususnya wisata Pemandian Tamansari, pemdes melakukan perbaikan infrastruktur desa.

Infrastruktur yang diperbaiki berupa jalan desa di Dusun Krajan RT/001 RW/001, yang luasnya ditambah. Tujuannya, selain untuk kenyamanan masyarakat setempat, juga untuk menunjang pengembangan wisata Kolam Pemandangan Tamansari.

Kepala Desa (Kades) Tamansari, Hosni (47) mengatakan pelebaran jalan desa dikerjakan sejak 6 Mei 2022 lalu dengan menggunakan Dana Desa (DD). Diperkirakan, pelebaran jalan dengan cara dicor itu akan rampung dalam 12 hari kedepan.

“Pelebaran jalan ini sekitar 300 hingga 400 meter panjangnya. Untuk lebar jalan, sebelum dilebarkan itu 4 meter, dan setelah dilebarkan menjadi 5,5 meter,” kata Hosni, Senin (9/5/22).

Selain jalan desa, nanti Pemdes Tamansari menurut Hosni, juga akan memoles Pemandian Tamansari yang diketahui memiliki luas sekitar 20 x 60 meter persegi. Sejumlah fasilitas pendukung akan dibangun disekitar pemandian.

“Ya, segera kami percantik taman ini dengan dilengkapi tongkrongan kedai kopi anak muda namun bebas dari narkoba ataupun minuman keras (miras). Karena dulu, taman ini dikenal sebagai tempat remaja berpesta miras,” ujar dia.

Salah satu warga Desa Tamansari, Parman, mengaku amat mendukung pengembangan wisata di desanya. Menurutnya, langkah itu akan berdampak positif bagi masyarakat dan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi pemuda desa setempat.

“Sayang kalau taman ini tidak dikembangkan, sekarang kan sudah banyak warga yang datang ke sini, kawasannya sudah bersih, sudah mulai terawat. Kalau dulu kan terkenal sebagai tempatnya orang mabuk,” ceritanya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Pokdarwis-Bumdes ‘Berebut’ Pantai Duta

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …