Cegah Kriminalitas Saat Libur Lebaran, Destinasi Wisata Dipantau Ketat

Probolinggo,- Memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) selama libur lebaran terus digenjot berbagai pihak. Salah satunya dilakukan Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo yang memantau penerapan prokes di kawasan objek wisata di Kabupaten Probolinggo.

Ratusan personel gabungan yang terdiri dari Polres Probolinggo dan polsek jajaran bersama TNI dan stake holder lainnya diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan patroli dan memantau di sejumlah lokasi wisata, Rabu (4/5/2022). Soalnya tempat-tempat wisata ramai saat liburan Lebaran.

Sebanyak 250 personel dilibatkan pengamanan dan pelayanan di titik destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo, seperti dari Polres Probolinggo, polsek jajaran bersama TNI dan juga didukung stake holder lain, seperti Satol PP, Pramuka dan PMI.

Beberapa objek wisata jadi fokus, seperti Gunung Bromo, Lava Hill, Pantai Bentar, Pantai Duta, Pantai Bohai, Bermi Eco Park, Air Terjun Madakaripura, dan tempat wisata lainnya. Masker gratis pun juga disiapkan, khawatir pengunjung wisata lupa membawa masker.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, jika seluruh hal terkait dengan rangkaian libur lebaran Idul Fitri, ingin semua terkawal, termonitor, terkendali dan kondusif. Tak hanya dalam prokes, memastikan tidak adanya tindak kriminalitas juga jadi targetnya.

“Maka proses berikutnya adalah kita antisipasi tempat-tempat wisata, dipastikan menerapkan prokes dan kapasitas jumlah pengunjung wisata semua harus termonitor dan terkendali serta tidak ada gangguan kamtibmas atau tindak kriminalitas,” kata Arsya.

Penempatan beberapa petugas di lokasi wisata, menurutnya, selain membagikan masker kepada pengunjung destinasi wisata, juga melaksanakan imbauan dan patroli antisipasi terjadinya tindak kriminalitas, harapannya pengunjung pulang nanti senang dan selamat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pengunjung yang menerapkan prokesnya. Harapannya ini dapat dilaksanakan dimana saja, kapan saja bersama siapa saja, prokes menjadi bagian penting dalam menjaga diri sendiri dan orang lain, khusunya keluarga,” ujar Arsya. (*)

Baca Juga  Rayakan Tahun Baru Islam, Warga Curahgrinting Berebut Gunungan Hasil Bumi

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …