Sidak Jelang Lebaran, Stok Kebutuhan Pokok Cukup

Probolinggo –Untuk memantau kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran, petugas gabungan dari Pemkot Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota (Polresta, Kamis pagi (28/4/2022) menggelar sidak di Pasar Baru. Hasilnya, meski ada sejumlah bahan harganya naik, namun stok bahan pokok aman hingga Lebaran.

Bahan pokok yang naik di antaranya, daging ayam broiler yang saat ini mencalai Rp42 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp35 ribu per kg.

Daging sapi mencapai 130 ribu, sebelumnya 120 ribu per kg.

Sementara, dari sidak ini juga ditemukan harga sejumlah kebutuhan pokok menurun menjelang Lebaran. Yakni gula pasir yang sebelumnya Rp14 ribu turun menjadi Rp13 ribu per kg. Tepung terigu Rp11 ribu sebelumnys Rl10.500.

Demikian juga beras bengawan dari Rp11 ribu menjadi Rp10 ribu per kg.

“Sidak bersama yang kita lakukan ini untuk memantau sejauh mana ketersediaan bahan pokok, dan kenaikan harga menjelang lebaran. Dari sidak ini diketahui harga cenderung normal meski ada kenaikan sedikit pada beberapa komoditas” ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP), Fitriawati.

Meski sejumlah komoditas naik dan turun, dari sidak diketahui ada beberapa komodotas harganga tetap. Di antaranya, telur ayam Rp27 ribu per kg, cabai rawit Rp25 ribu per kg serta minyak goreng curah Rp14 ribu per liter.

“Diprediksi harga daging akan naiklagi, mengingat kebutuhan akan daging juga meningkat, dan kami mengimbau agar para pedagang untuk tidak menaikan harga seenaknya mengingat stok kebutuhan aman,” imbuhnya.

Sementara, salah satu pedagang, Su’eb mengatakan, menjelang lebaran ini harga bumbu dapur tidak naik. Bahkan kenaikan justru terjadi di awal bulan puasa hingga pertengahan puasa.

Baca Juga  Jaga Pintu Masuk Gunung Bromo, Tim Gabungan Halau Wisatawan

“Alhamdulillah meski tidak ada kenaikan, namun pembeli mulai ada peningkatan, hal ini karena mendekati lebaran dan banyak warga yang memang mulai membeli kebutuhan untuk lebaran,” ujarnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …