Antisipasi Bencana Alam, Polres Bentuk Tim SAR

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang-tinggi hingga menyebabkan banjir di beberapa daerah di Kabupaten Probolinggo disikapi jajaran Polres Probolinggo.

Sebagai antisipasi bencana banjir, longsor, dan yang lainnya, petugas mensiagakan dua perahu karet,10 pelampung, satu kano, tiga ban truk (sebagai pelampung), tiga mesin genset, dan enam gergaji mesin (chain saw).

Selain itu juga disiapkan tiga kendaraan double cabin 4×4, tali Search and Rescue (SAR) dua rol, 10 unit kendaraan trail serta 11 dayung dan 10 helm. Seluruhnya dipersiapkan sebagai antisipasi datangnya bencana alam.

Kasat Sabhara Polres Probolinggo, AKP Ahmad Jayadi mengatakan, peralatan tersebut sengaja disiapkan terlebih dahulu meskipun hingga kini, masih belum ada laporan serius adanya bencana yang melanda.

“Alhamdulillah, masih belum ada bencana serius dan semoga tidak ada. Kalau diistilahkan, sedia payung sebelum hujan, agar ketika terjadi sesuatu kita langsung sigap,” kata Jayadi saat ditemui di ruangannya, Senin (1/2/2021).

Selain itu, lanjut Jayadi, pihaknya sudah membakali sebanyak 10 personel yang tergabung dalam Tim SAR dengan pelatihan menghadapi banjir. Tujuannya, saat mereka diterjunkan ke lapangan tidak kebingungan harus bertindak.

“Sudah kami latih bagaimana tindakan menyelamatkan orang di tengah-tengah bencana. Semua personel sebagai ajang percobaan menghadapi bencana banjir, kami langsung terjunkan di aliran sungai yang besar dengan segala persiapan yang ada,” ujar Jayadi. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Sejumlah Ruas Jalan di Kota Pasuruan Bakal Ditutup, Lhooo?

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …