MOMEN LANGKA: Warga dan pelajar saat keliling kompleks Yonkav 8/NSW/2 Beji mengendarai tank Leopard. (foto: Moh. Rois)

Momen HUT TNI ke-78, Warga Pasuruan Keliling Naik Tank Leopard Seharga Rp88 M

Pasuruan,- Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke-78 menjadi momen istimewa bagi warga Pasuruan, Kamis (5/10/23) pagi. Ratusan pelajar dan warga diajak keliling kompleks Yonkav 8/NSW/2 Beji untuk merasakan sensasi naik tank jenis Leopard.

Tank Leopard merupakan salah satu Alat Utama Sistem Senjata (Alusista) canggih milik TNI. Leopard berada di urutan 7 tank termahal di dunia dengan harga US$5,7 juta atau setara Rp88,35 miliar per unit.

Salah satu pelajar dari SMK Negeri 1 Beji, Rivaldo Ramadansyah, mengungkapkan kegembiraannya atas kesempatan langka ini. Ia sangat senang bisa naik tank untuk pertama kalinya dalam hidupnya.

Dengan antusiasme, ia berharap agar tahun depan bisa kembali mendapatkan kesempatan serupa. “Senang sekali, ini baru pertama kali. Saya berharap tahun depan bisa diajak naik lagi,” ucapnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0819 Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak, menjelaskan naik tank gratis bagi warga dan pelajar merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI ke 78.

TNI, dijelaskannya, memperlihatkan sejumlah alusista canggih yang dimiliki kepada masyarakat. Salah satunya tank Leopard yang memiliki kecepatan maksimum sekitar 70 kilometer per jam dengan bobot 55 ton.

“Mereka kami ajak keliling kompleks, agar bisa merasakan alusista kebanggaan kami, yaitu Tank Leopard yang sangat canggih,” ungkap Noor Iskak.

Sesuai dengan moto HUT TNI ke-78, bahwa TNI adalah Patriot NKRI yang mengawal demokrasi untuk Indonesia maju, Noor Iskak menegaskan bahwa di tahun politik TNI selalu siap menjaga keamanan selama pesta demokrasi berlangsung.

“Tahun depan adalah tahun politik, kami dari TNI siap bertugas mengamankan pesta demokrasi agar berlangsung aman dan kondusif,” tambahnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Festival Musik Patrol, Seni Tabuh Penyambut Lebaran di Krejengan

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …