MAPI dan Pengembang Perumahan Berbagi untuk Pengguna Jalan

MAYANGAN-PANTURA7.com, Aksi sosial terkait merebaknya virus Corona (Covid-19) terus bermunculan di Kota Probolinggo. Kali ini Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI) 04 Regium Jatim, Asosiasi Pengembang Perumahan Probolinggo Raya, dan Kodim 0820 Probolinggo yang melakukan aksi sosial, Sabtu (11/4/2020).

Sebelum beraksi, mereka melakukan cuci tangan dan cek suhu tubuh untuk memastikan para anggota yang merupakan babinsa di wilayah kecamatan Kota/Kabupaten Probolinggo dalam keadaan sehat.

Tim kemudian bergerak membagikan ribuan masker dan nasi kotak kepada masyarakat di pinggir jalan sembari menyampaikan imbauan pola hidup bersih.

Sasaran pembagian masker ialah para pekerja harian seperti tukang becak, pengemudi ojek dan pedagang yang tetap bekerja di tengah wabah Covid-19. Tak luput para pengendara yang sedang melintas.

Target dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat di kalangan tersebut perlu bantuan. Apalagi masker yang sesuai standar lembaga kesehatan dunia (WHO) langka dan harganya mahal bagi mereka.

Pembagian masker dan alat pelindung diri (APD) dilakukan di sejumlah titik. Di antaranya, di depan Kodim 0820/Probolinggo, Jalan Panglima Sudirman, RSUD Tongas, Kelurahan Kanigaran hingga Kelurahan Curahgrinting,Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Sebelum memberikan masker, warga diberi handsanitizer atau antiseptic sebagai bentuk sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dalam menangkal virus corona. Mereka juga diingatkan agar memakai masker saat beraktivitas dan tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Menurut Ketua MAPI 04 Reg Jatim, John Herry C. Rondonowu, kegiatan ini lebih menekankan pada edukasi agar masyarakat lebih waspada. Selain itu turut membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sekaligus membantu ketersediaan masker bagi masyarakat kurang mampu.

‘’Giat ini juga diharapkan menjadi efek kejut agar masyarakat kembali menjalankan imbauan sesuai protokol pencegahan Covid-19,” ujar John.

Baca Juga  Harga Kembali Naik, Permintaan Pertalite Justru Meningkat

Sementara itu Kasdim 0820/Probolinggo, Mayor Inf. Meftah Fuaddi menyampaikan, terima kasih dan apresiasi apa yang dilakukan MAPI maupun Paguyuban Pengembang Perumahan Probolinggo Raya.

“Melaui kegiatan ini kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah dalam hal memakai masker, cuci tangan dengan sabun serta hindari kerumunan banyak orang,” katanya.

Salah satu pengendara, Hermanto mengaku, bersyukur mendapatkan masker gratis. “Apalagi sekarang ini sulit mau membeli masker, terima kasih bapak TNI,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …