ARUS MUDIK: Suasana Terminal Banyuangga jelang Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Moh. Rois).

Hadapi Arus Mudik, Terminal Bayuangga Siap Tambah Bus

Probolinggo – Memasuki hari ke-20 Ramadhan, UPT Terminal Kelas A Bayuangga, Probolinggo mulai bersiap. Selain telah melakukan pengecekan kondisi bus, juga bekerja sama dengan Puskesmas untuk menggelar vaksinasi.

Kepala UPT Terminal Bayuangga, Budi Harjo mengatakan, telah melakukan berbagai persiapan menjelang arus mudik tahun ini. Beberapa di antaranya yakni, ramp check puluhan bus, yang terdiri dari pengecekan rem, ban, kelengkapan bus, hingga pengecekan lainnya.

“Dari pengecekan yang di lakukan sejak beberapa hari yang lalu, sebagian besar bus layak beroperasi dan siap untuk mengangkut penumpang ke kota tujuan,” ujarnya.

Selain itu, besok pihak terminal bersama Puskesmas Ketapang akan menggelar vaksinasi di terminal, bagi kru bus, maupun penumpang dan masyarakat umum yang belum melaksanakan vaksinasi baik tahap 1, tahap 2, hingga vaksinasi booster.

Nantinya, gerai vaksinasi ini selama arus mudik akan disiagakan di terminal. Sehingga petugas dapat langsung memfasilitasi penumpang yang belum melakukan vaksinasi. Mengingat, syarat perjalanan mudik, wajib vaksinasi booster.

Meskipun demikian, pada H-10 ini, masih belum terlihat lonjakan penumpang, seiring pemerintah yang menyatakan masyarakat untuk mudik lebih awal mengantisipasi macet di puncak arus mudik.

“Meski belum ada lonjakan, namun, saya sudah berkoordinasi dengan Ketua Organda Probolinggo, serta PO (perusahaan otobus) di sekitar Probolinggo untuk siap menambah armada jika ada lonjakan penumpang,” imbuh Budi.

Diprediksi lonjakan penumpang ini akan mulai terlihat bersamaan libur sekolah dan libur pegawai yakni, 29 April hingga 6 Mei 2022.(*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Dapur Umum Layani Warga Terdampak Covid-19

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …