Polisi dan Warga Tiris Gagalkan Pencurian Sapi Saat Salat Tarawih

Tiris,- Kepolisian Sektor (Polsek) Tiris dan warga Desa Ranugedang, Kabupaten Probolinggo menggagalkan aksi pencurian hewan (curwan) berupa sapi, Minggu (17/4/2022) malam. Seekor sapi berhasil ditemukan warga dan petugas.

Informasi yang diperoleh, seekor sapi tersebut diketahui milik Hos (50) warga Dusun Darungan, Desa Ranugedang. Diperkirakan hilangnya sapi terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, saat berlangsungnya ibadah salat tarawih.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, kejadian itu bermula saat korban meninggalkan sapi jantan warna merah miliknya di dalam kandang untuk melaksanakan ibadah salat tarawih. Sesampainya di rumah, korban sudah tidak mendapati sapi di kadangnya.

“Menyadari sapinya tidak ada di dalam kadang lagi, korban kemudian meminta tolong kepada warga dan langsung melapor ke Polsek Tiris saat melintas melaksanakan tugas patroli Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” kata Arsya, Senin (18/4/2022).

Mendapatkan laporan pencurian tersebut, lanjut Arsya, warga yang mengetahui bersama dengan anggota Polsek Tiris langsung mengejar dan mencari keberadaan pelaku beserta hewan curiannya. Tak berselang lama, sapi ditemukan di Dusun Krajan, desa setempat.

“Medan yang biasa dilalui pelaku itu oleh warga dan petugas yang ditargetkan. Alhamdulillah sapi sudah diserahkan ke korban. Saat ini kami tengah melakukan penyelidikan guna mencari pelaku pencurian sapi yang cukup meresahkan warga ini,” ungkap Arsya.

Oleh karenanya, sambung Arsya, pihaknya meminta agar masyarakat lebih meningkatkan lagi kewaspadaannya selama bulan ramadhan. Terlebih sudah menjelang momentum Hari Raya Idul Fitri, agar sekiranya mempersempit ruang gerak pelaku.

“Pastikan kalau bepergian, semuanya memang benar-benar aman. Terlebih bagi yang memiliki kendaraan bermotor dan juga hewan ternak sapi, karena belakangan ini keduanya ini menjadi target utama pelaku, jadi waspadalah,” tutur pria kelahiran Aceh ini. (*) 

Baca Juga  Komplotan Begal Bertopeng Beraksi di Kota Probolinggo, Pengendara Honda Scoopy Dibacok

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …