Sempat Dipending, JCH Tahun 2020 Akan Berangkat 

Probolinggo – Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H dengan kuota total satu juta jamaah calon haji (JCH). Meski kuota untuk JCH Indonesia belum ditentukan, namun JCH yang akan berangkat tahun ini adalah JCH yang terpending keberangkatannya pada tahun 2020 lalu.

Kepastian tersebut di sampaikan Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Probolinggo, Moch. Arifurrohman. Ia menyitir siaran pers Kementerian Agama yang menyebutkan, Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan kuota satu juta JCH. Namun, untuk kuota JCH dari Indonesia belum ditentukan.

“Belum adanya kuota pasti yang diberikan kepada Indonesia, Kemenag Kota Probolinggo juga belum menentukan jemaah haji yang akan berangkat, namun yang jelas jemaah haji yang akan berangkan yakni jemaah haji tahun 2020 yang keberangkatannya dipending,” ujarnya, Senin (11/04/2022).

Siaran pers tersebut juga menyebutkan, syarat jemaah haji yang diperbolehkan berangkat yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi yang disetejui Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Selain itu, jemaah haji yang berada dari luar Kerajaan Arab Saudi, wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19, yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

“Ada sekitar 187 jemaah calon haji asal Kota Probolinggo tahun 2020 yang dipending keberangkatannya. Nantinya jika kuota dari Arab Saudi sudah ada untuk jemaah Indonesia, maka akan ada seleksi sesuai syarat yang dikeluarkan,” imbuhnya.

Diketahui, sejak pandemi Covid-9, Kerajaan Arab Saudi meniadakan ibadah haji selama dua tahun, yakni tahun 2020 dan 2021. Barulah pada tahun 2022, Kerajaan Arab Saudi kembali membuka ibadah haji. (*) 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  HUT Korpri, Pedagang Pasar Divaksin dan Dapat Masker

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …