Sekretaris Disdikbud Kabupaten Probolinggo bersama warga melihat benda mirip candi.

Disdikbud Kabupaten Probolinggo Akan Kirim Benda Mirip Candi ke BPK Wilayah XI Trowulan Mojokerto

Probolinggo – Benda mirip candi yang ditemukan di Desa Kerpangan, Kecamatan Leces, pada Selasa sore (10/10/23) terus dilakukan penelitian. Untuk memastikan sejarah batu mirip candi tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebidayaan Kabupaten Probolinggo akan segera mengirimkannya kepada pihak pelestari budaya.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo, Sulaiman mengatakan, temuan benda mirip candi tersebut terus dilakukan penelitian. Benda mirip candi tersebut akan dikirim ke Badan Pelestari Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Trowulan, Mojokerto.

“Jadi rencananya temuan tersebut akan kami kirim ke BPK Wilayah XI Trowulan, Mojokerto,” ujarnya.

Sebelum dikirim, Senin besok pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo akan terlebih dahulu menyurati BPK Wilayah XI Trowulan, Mojokerto terlebih dahulu.

“Untuk sementara, benda mirip candi tersebut masih berada di lokasi dan dititipkan kepadq warga sekitar,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, warga Dusun Karang Tengah, Desa Kerpangan pada Selasa sore (10/10/23) digegerkan dengan penemuan benda mirip candi di proyek pelebaran jalan. Benda mirip candi tersebut terkubur di tanah. Tak jauh dari lokasi penemuan juga ditemukan sejumlah makam kuno.

Setelah dilakukan pengecekan struktur benda mirip candi yang memiliki tinggi 60 cm dan masing-masing sisi memiliki panjang 30 cm, tersebut terbuat dari bata dan semen. Kuat dugaan si pembuat merupakan keturunan orang-orang Hindu zaman dahulu.

Selain itu, benda mirip candi itu diduga sebagai tempat untuk meletakkan sesaji, mirip patung milik warga Hindu Tengger. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Keseruan Maulid di Dringu, Warga Berebut Peralatan Dapur

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …