Pengemis musiman meningkat, Satpol PP intensifkan patroli

Probolinggo – Memasuko bulan Ramadhan, banyak pengemis musiman yang tersebar di tempat-tempat umum seperti di pasar, alun-alun, dan traffic light di Probolinggo. Untuk mengantisipasi bertambahnya pengemis musiman, Satpol PP Kota Probolinggo mengintensifkan patroli.

Hal tersebut di sampaikan Kabid Trantibhum Satpol PP, Eko Candra. Dikatakan setiap hari petugas melakukan patroli penyisiran di sejumlah lokasi strategis yang biasa di gunakan pengemis ini untuk meminta-minta.

“Selain patroli tiga kali sehari pagi, siang, dan malam, kami juga menyiagakan petugas di lokasi tersebut. Hal ini untuk menekan atau setidaknya mengurangi pengemis yang biasa mangkal di tempat-tempat umum,” ujarnya.

Jumlah pengemis pada bulan Ramadhan maupun Idul Fitri ini diprediksi meningkat. Selain itu, rata-rata para pengemis yang berlabuh di Kota Probolinggo didominasi wajah lama yang kerap terjaring operasi sebelumnya.

Disamping itu, sepanjang bulan Maret 2022, Satpol PP telah menjaring puluhan pengemis dan gelandangan. Mereka kebanyakan merupakan emak-emak yang berasal dari luar kota, dan rata – rata berumur 40-50 tahun.

“Nantinya, para pengemis yang terjaring akan kita kami bawa ke shelter dan akan diberdayakan serta diberi pelatihan. Sehingga mereka ini bisa mendapat penghasilan lain,” imbuhnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Tiba Jumat, Jamaah Haji Kabupaten Probolinggo Wajib Booster

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …