RESMIKAN MASJID: Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla, didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Masjid Al-Hassanah, Selasa (29/3/22).

Jusuf Kalla: Salat Boleh Rapatkan Shaf saat Ramadhan

Maron,- Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla meresmikan Masjid Al-Hassanah di Desa Suko, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Selasa (29/3/2022) sore. Ia meresmikan tempat ibadah itu bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Pria yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu mengingatkan, kaum muslimin yang sebentar lagi memasuk bulan Ramadhan. JK, panggilan akrabnya, meminta kaum muslimin kembali merapatkan barisan (shaf) dalam salatnya.

“Ya sekarang boleh rapat sedikit (merapatkan shaf). Kami harap, setelah masjid ini diresmikan, semua elemen bisa turut andil untuk memakmurkan masjid ini, tidak hanya di masjid ini saja tapi semuanya,” kata pria berkacamata ini.

Selain itu, JK juga sempat mengomentari perihal Toa (pengeras suara) yang sempat menjadi perbincangan khalayak ramai, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, takmir masjid juga harus bisa memahami jika memang antara masjid atau mushala dalam satu wilayah itu jaraknya berdekatan.

“Kalau memang berdekatan masjid ataupun mushalla ya jangan saling mengganggu. Mari kita sama-sama melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan baik,” ungkap pria yang dua kali menjabat Wapres ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Al-Hassanah Desa Suko, Najib Salim At-Tamimi mengatakan, dirinya berharap masjid yang diresmikan oleh Jusuf Kalla tersebut bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar khususnya ketika memasuki Ramadhan.

“Seperti salat tarawih dan Idul Fitri, semoga kita bertemu di Hari Raya idul Fitri nanti. Diresmikan masjid ini persis satu tahun dari pembangunannya dan Insya-Allah kalau ada rezeki lagi, rencananya akan dibangun masjid di wilayah lainnya,” tutur Najib. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Sikapi Nisan Raksasa Bintaos, Ini Langkah Kepolisian

Baca Juga

Haulnya Dibanjiri Ribuan Jemaah, Ternyata ini Keistimewaan Kiai Hasan Genggong

Probolinggo,- Lautan manusia memenuhi halaman Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong Pajarakan, Kabupaten Probolinggo dalam haul …