Awali ‘Genggong Go Green Carnival’, PMII Punguti Sampah di Pesantren Genggong

Pajarakan,- Kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan, kian tumbuh di masyarakat. Seperti yang ditunjukkan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Genggong Raya, Probolinggo, Jum’at (21/1/22).

Aktivis gabungan dari Pengurus Komisariat (PK) PMII Universitas Zainul Hasan (UNZAH) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Zainul Hasan itu, menggelar ‘Aksi Bebas Sampah’ di area Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan.

Tidak hanya sosialisasi cinta lingkungan, mereka juga memunguti sampah yang terlihat mengotori lingkungan pesantren. Mulai dari area pesantren pusat hingga P5, yang menjadi salah satu sentra lembaga pendidikan milik pesantren.

“Kami juga melibatkan santri putra-putri, pengurus OSIS dan masyarakat sekitar,” kata koordinator Aksi Bebas Sampah PMII Genggong Raya, Hafiatur Rofi’ah.

Benar saja, tak sampai 3 jam, ragam sampah organik maupun non-organik terkumpul. Sampah yang terkumpul, kemudian diangkut menggunakan ke Tempat Penampungan Sampah (TPS) desa setempat.

“Sampah-sampah yang terkumpul, nantinya akan kami pilah. Sampah yang bisa didaur ulang, akan kita olah agar bisa memberikan manfaat lebih,” tandas Via, sapaan akrab Hafiatur Rofi’ah.

Via menjelaskan, selain kampanye peduli lingkungan, Aksi Bebas Sampah ini digelar untuk menyambut ‘Genggong Go Green Carnival’, yang digelar pekan depan, tepatnya tanggal 29-30 Januari 2022.

“Hari pertama Genggong Go Green Carnival, ada penanaman 1.000 pohon dan Program Sampah to Berkah. Nah aksi bebas sampah hari ini menjadi awal dari rangkaian kampanye lingkungan itu,” Via menjelaskan. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Persipro 1954 Genjot Latihan Jelang Kick-off Liga 3

Baca Juga

Banjir Rob- Gelombang Tinggi Terjang Pelabuhan Perikanan

Probolinggo – Tidak hanya melanda wilayah Kabupaten Probolinggo, banjir rob yang disertai gelombang tinggi juga …