Antisipasi Gangguan Jaringan, PLN Pangkas Pohon di 13 Kecamatan

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Untuk mencegah gangguan jaringan, Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) PLN Rayon Kraksaan melakukan pemanngkasan ranting pohon. Kali ini titik lokasinya di wilayah Kota Kraksaan, terutama di sepanjang Jalur pantura Probolinggo-Situbondo.

Manajer ULP PLN Rayon Kraksaan, Hendy Pranata mengatakan, hal itu karena banyak dahan dan ranting pepohonan yang menyentuh kabel jaringan. Sehingga pemangkasan dilaksanakan sebagai antisipasi di musim hujan kali ini.

“Sebelumnya, sempat terjadi pemadaman di daerah Kraksaan Wetan disebabkan dahan pohon yang tumbang saat hujan. Masing-masing regu targetnya 60 titik. Jadi sehari bisa 120 titik perabasan,” kata Hendy, Minggu (24/1/2021).

Pemangkasan tersebut, menurut Hendy, bukan hanya dilakukan di Kota Kraksaan saja, namun juga di 13 kecamatan yang merupakan wilayah kerjanya. Tujuannya agar bisa memberikan kenyamanan pelayanan bagi para pelanggan PLN.

“Wilayah kerja kami itu ada 13 kecamatan. Mulai dari Kecamatan Paiton, Kotaanyar, Pakuniran, Besuk, Kraksaan, Pajarakan, Krejengan, Gading, Krucil, Tiris, Maron, Banyuanyar, dan Gending, dan itu semua sudah terjadwal untuk pemangkasannya,” ungkap Hendy.

Dengan begitu, sambung Hendy, jaringan listrik tetap aman dan pasokan tetap lancar. Hanya saja, pihaknya juga membutuhkan peran serta dari masyarakat, salah satunya tidak menanam pohon di lokasi berdekatan dengan kabel jaringan.

“Atau ketika ada petugas yang ingin melakukan perabasan karena pohonnya berpotensi mengganggu jaringan, dipersilakan. Untuk pemangkasan ini, kami juga lebih prioritaskan di daerah yang kerap ada pohon tumbang, seperti di Tiris dan Krucil,” tutup Hendy. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Bea Cukai-Pemkab Ajak Pedagang di Pakuniran Gempur Rokok Ilegal

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …