Panitia Pilkades Randuputih Tetapkan Nomor Urut, Pankab : Pilkades-nya Tak Diakui

DRINGU,- Panitia Kabupaten (Pankab) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II di Kabupaten Probolinggo geram terhadap panitia Pilkades di Desa Randuputih, Kecamatan Dringu. Sebab, Panitia Pilkades Randuputih dinilai memaksakan untuk menetapkan nomor urut calon kepala desa (cakades), Rabu (5/1/2022).

Sisi lain Pankab Pilkades sudah memutuskan, Pilkades Randuputih ditunda. Hal itu didasarkan atas Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Plt Bupati, H. Timbul Prihanjoko.

Penetapa nomor urut Cakades Randuputih itu diketahui setelah beredar luas, foto panitia Pilkades Randuputih bersama kedua Cakades yang menunjukkan nomor urut disaksikan sejumlah warga. Dalam foto itu, cakades nomor urut 1 Aries Sabar Iman dan nomor urut 2 Hairul Waton.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto menegaskan, jika proses pilkades di Desa Randuputih di luar kebijakan Pemkab Probolinggo. Sehingga Pilkades tersebut tidak diakui.

Oleh karena itu, kata Ugas, apapun terkait dengan hasil pilkades Randuputih nantinya, tidak akan ada SK Pengangkatan Kades, tidak ada pelantikan kades. Juga tidak akan ada anggaran baik gaji atau anggaran lain dikelola kades yang pada saat proses pemilihan tidak diakui pemkab.

“Saya tegaskan lagi untuk pilkades khusus Desa Randuputih tidak ada pengakuan dari pemkab. Karena kemarin sudah diputuskan ditunda bersama dengan 2 desa lainnya,” kata Ugas, Kamis (6/1/2022).

Padahal, lanjut Ugas, sudah jelas-jelas SK Panitia Pilkades di Desa Randuputih sudah dicabut oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Yakni, melalui surat Nomor : 188/01/KEP/426.419.12/ BPD/ 2022 tentang Pencabutan Keputusan BPD Desa Randuputih, Kecamatan Dringu.

“Tidak ada penindakan apapun untuk mereka, kami biarkan saja karena oleh BPD, SK Panitia Pilkades di sana sudah dicabut,” ungkap mantan Camat Sumberasih ini saat dikonfirmasi. (*)

Baca Juga  Ansor Jatim Desak Pemerintah Prioritaskan Sterilisasi di Akses Antar Daerah

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …