Layani Warga, Pemkot Luncurkan 3 Damkar dan 6 Ambulans

Probolinggo – Untuk memberikan respon cepat terhadap kebakaran di wilayah Kota Probolinggo, Pemkot Probolinggo menambah dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar). Tak hanya itu, Pemkot Probolinggo ke depan akan menambah mobil damkar dengan kemampuan skylift untuk menjangkau bangunan tinggi.

Peresmian penambahan dua unit baru mobil damkar digelar dalam acara launching sarana dan prasarana di Jalan Panglima Sudirman depan kantor Pemkot, Rabu (22/12/2021). Selain dua mobil damkar baru, Pemkot juga merekondisi sebuah mobil damkar.

Juga diluncurkan sebuah truk penyapu jalan (road sweeper) dan dua unit truk sampah baru.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, penambahan mobil damkar karena banyaknya kasus kebakaran di Kota Probolinggo. Sedangkan unit damkar yang dimiliki Kota Probolinggo hanya dua unit yang dapat beroperasi, satu unit lainnya rusak.

“Dengan penambahan dua unit baru berkapasitas 3.000 liter, dan 5 000 liter, serta satu damkar rekondisi kapasitas 4.000 liter, Damkar Kota Probolinggo dapat merespon cepat kebakaran yang terjadi. Sehingga dapat mengantisipasi kebakaran yang lebih besar,” ujarnya.

Pemkot Probolinggo ke depan akan menambah mobil damkar lagi. Yakni damkar dengan kemampuan skylift atau tangga untuk menjangkau gedung bertingkat.

Hal ini karena di Kota Probolinggo sudah banyak bangunan bertingkat 3-4. Termasuk rumah sakit baru, kelak memiliki 4 lantai.

Dengan memiliki mobil damkar skylift, selain dapat digunakan untuk memadamkan api di ketinggian gedung, mobil dakar ini juga dapat di gunakan untuk penyelamatan, atau pertolongan di gedung bertingkat.

“Selain mobil damkar skylift, kami juga butuh pemadam kebakaran roda tiga, yang dapat masuk ke gang sempit. Kami juga akan menambah jumlah hydran, sehingga dapat mempersingkat waktu pengisian,” ujarnya Habib Hadi.

Baca Juga  Wali Kota Probolinggo Terpilih Akan Batasi Minimarket

Selain launching tiga unit mobil damkar, dalam kesempatan ini, Walikota juga mekuncurkan sebuah truk road sweeper dan dua unit truk sampah baru. Dua truk sampah tersebut sebagai pengganti truk sampah yang terbakar beberapa waktu yang lalu.

Tak hanya itu, lima unit ambulans yang sudah di lengkapi alat pemacu jantung juga diluncurkan. “Ambulans ini akan kami tempatkan di setiap Puskesmas, untuk memberikan pertolongan cepat kepada pasien,” imbuh walikota. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Perda Tempat Hiburan di Pasuruan Tuai Polemik, Ning Lia: Moral Anak Bangsa Harus Diutamakan

Pasuruan,- Viral dan menghangat, pembahasan rancangan peraturan daerah (Perda) tentang pengaturan tempat hiburan di Kabupaten …