Jelang Nataru, Polres Probolinggo Sidak Terminal, Stasiun hingga Pos Pantau

PROBOLINGGO,- Menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polres Probolinggo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat meninjau Terminal Jorongan dan Stasiun Leces serta Pos Pantau di Kecamatan Leces, Selasa (21/12/2021).

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, peninjauan diawali di Terminal Jorongan untuk memeriksa sopir dan kenek serta kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan. Selain itu, pihaknya juga meninjau kedatangan penumpang.

“Ya sebagai langkah antisipasi kerumunan dan mencegah penyebaran Covid-19 jelang Nataru, jadi kami tinjau Terminal Jorongan ini. Selain itu, kami cek aspek keselamatan maupun prokesnya. Bagi penumpang dan calon penumpang, harus sudah vaksin dua kali,” kata Arsya.

Bagi kendaraan yang tidak layak, lanjut Arsya, tidak diperkenankan beroperasi atau digunakan. Bagi pendatang dari luar daerah Kabupaten Probolinggo akan diperiksa terlebih dahulu untuk mengantisipasi tranmisi virus yang bisa saja masuk melalui pendatang.

“Kalau pelaksanaan prokes di Stasiun Leces sudah bagus, seperti penumpang yang hendak naik kereta terlebih dahulu menunjukkan kartu vaksin dan penumpang juga sudah menggunakan masker, dan itu menjadi syarat yang wajib,” tutur Arsya usai meninjau.

Dari Stasiun Leces, peninjauan kemudian dilakukan di Pos Pantau Leces yang berada di jalur exit tol Leces. Untuk persiapan Nataru ini, Polres Probolinggo mendirikan tiga pos pantau, yaitu di Exit Tol Leces, Kecamatan Kraksaan dan Paiton.

“Peranan pos pemantauan yang akan kami dirikan nanti yaitu sebagai pemantauan arus keluar masuk kendaraan dan membantu Satuan Lalu Lintas dalam mengatur lalu lintas bila terjadi kepadatan arus dan masing-masing pos nanti akan disediakan gerai vaksin,” tutur Arsya. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Bukan Masyarakat Konsumtif, UMK Kabupaten Probolinggo Diusulkan Hanya Naik Rp37 Ribu

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …