Halangi PJU dan Membahayakan, Ranting Pohon Dipangkas

KRAKSAAN,- Dahan dan ranting pohon di bahu jalan protokol di Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dinilai mengganggu pancaran sinar lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Untuk itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo meminta dinas berwenang untuk memangkasnya.

Permintaan pemangkasan dahan dan ranting itu disampaikan Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo, Taufiq Alami. Ia mengaku, telah bersurat ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk melakukan pemangkasan ranting pohon.

“Cahaya lampu dari PJU baru sudah cukup bagus menerangi jalanan Kota Kraksaan di malam hari. Namun, dahan yang menjalar melampaui batas menghalangi cahaya dari PJU. Kami sudah mengirimkan surat kepada DLH,” kata Taufiq, Kamis (2/12/2021).

Dalam surat tersebut, menurut Taufiq, pihaknya meminta kepada DLH setempat agar segera memangkas dahan dan ranting pohon yang sudah melampaui batas. Sehingga, perbaikan PJU tidak sia-sia terlebih menghindari kerusakan.

“Cuaca yang sedang tidak baik-baik saat ini membawa kekhawatiran tersendiri bagi pengguna jalan. Dari pada terjadi sesuatu yang tak dinginkan, sehingga perlu untuk dilakukan pemangkasan lebih cepat. Apalagi PJU sudah normal lagi,” tutur Taufiq.

Sementara itu, Kasi Pertamanan DLH Kabupaten Probolinggo, Himyatul Amanah mengatakan, pihaknya sudah memangkas dahan dan ranting pohon di bahu jalan protokol. Dimulai dari pepohonan di depan Kantor Bupati Probolinggo.

Selanjutnya, sambung dia, akan bergilir ke tempat-tempat lainnya di sepanjang jalur pantura. Untuk pepohonan di jalan daerah, akan dilakukan berkala mengutamakan pepohonan yang dirasa membahayakan.

“Sudah kami lakukan secara bergilir. Sebenarnya itu sudah menjadi agenda rutin kami. Namun tetap akan kami lakukan segera mungkin agar tak terjadi sesuai yang tak dinginkan. Kalau surat dari Dishub ya sudah kami terima,” katanya. (*)

Baca Juga  Puput Tantriana Sari Diberhentikan Tidak Hormat, DPRD Usulkan Timbul Jadi Bupati Definitif

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Aturan Baru, Makam Warga Tionghoa di Kota Probolinggo Bakal Dilengkapi Biopori

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo mengundang perwakilan etnis Tionghoa Kota Probolinggo untuk membahas konsep pemakaman yang …