Kabel PLN Kendor, Rumah Warga di Krejengan Terbakar

KREJENGAN,- Kebakaran rumah terjadi di Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, Kamis (2/12/2021) siang. Beruntung meskipun hampir seluruh bagian rumah terbakar, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu.

Informasi yang diperoleh, kebakaran rumah Misnali (46) warga Dusun Krajan, RT 002, RW 004 Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu, pemilik rumah sedang keluar untuk belanja kebutuhan dapur.

Kapolsek Krejengan, IPTU Marudji mengatakan, setelah mendatangi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), kebakaran diduga karena konseling listrik. Sehingga mengeluarkan percikan api lalu membakar atap dan merembet ke dalam rumah.

Menurut Marudji, percikan api itu muncul dari kabel besar warna hitam milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang kendor sehingga mengenai talang air di rumah korban. Dari situlah, kemudian keluar percikan api yang membakar rumah korban.

“Kendornya kabel itu memang tidak dilaporkan ke PLN oleh pemilik rumah yang terbakar. Tadi kami juga datangkan pihak PLN untuk mengecek setelah api dipadamkan dengan bergotong royong oleh warga sekitar,” kata Marudji saat ditemui di Mapolsek Krejengan.

Dikatakan warga tidak kesulitan mengambil air untuk pemadaman sehingga api pada dalam waktu 30 menit. Akibat kebakaran itu, pemilik rumah mengalami kerugian materiil hingga Rp50 juta.

“Alhamdulillah tidak sampai merembet ke rumah lainnya, meskipun di lokasi kebakaran ada enam rumah berdempetan. Tetapi hanya satu rumah yang terbakar, sampai barang-barang elektronik seperti televisi dan yang lainnya,” ungkap mantan Kanit Reskrim Polsek Kraksaan ini.

Sementara itu, Plt Camat Krejengan, Taufiq mengatakan, secepatnya pihaknya menargetkan renovasi rumah warganya tersebut. Ia mengaku, sudah berkoordinasi dengan Penjabat (PJ) Kepala Desa (Kades) setempat.

Baca Juga  Atap SDN Muneng Kidul Ambruk, Siswa Belajar di Teras Toilet

“Insyallah besok akan diperbaiki, karena rumah yang terbakar memang mudah terbakar karena langit atapnya dari anyaman bambu sehingga cepat merembet ke dalam atau ruangan rumah,” ujar mantan Kepala Pasar Maron ini saat dikonfirmasi. (*)

 


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Hindari Pohon Tumbang, Toyota Avanza di Lereng Semeru Oleng

Lumajang,- Gara-gara menghindari pohon tumbang, Toyota Avanza dengan nomor polisi L 1337 WU menabrak pohon …