Menko PMK Tinjau Vaksinasi di Pesantren Riyadlus Sholihin

Probolinggo – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memiliki sejumlah agenda kunjungan kerja di Kota Probolinggo, Jumat, 29 Oktober 2021. Termasuk mengadiri vaksinasi santri di Pesantren Riyadlus Sholihin. Muhadjir meminta, para santri mensosialisasikan vaksinasi kepada warga yang belum divaksin.

Setibanya di pesantren di Kelurahan Ketapang, Menko PMK yang didampingi Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zaenal Abidin langsung meninjau vaksinasi santri di halaman tengah pesantren.

Mantan Mendikbud itu sempat bercengkrama dengan sejumlah santri yang hendak divaksin. Para santri mengaku cukup senang akhirnya bisa divaksin, demi kesehatan. Diketahui vaksinasi di pesantren di Jalan KH Abdurrahman Wahid itu diikuti ribuan santri.

Usai meninjau vaksinasi santri, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam sambutannya mengatakan, vaksinasi santri ini merupakan upaya untuk percepatan vaksinasi bagi kaum remaja. Dan dalam vaksinasi ini digunakan vaksin Sinovac yang aman bagi para santri.

“Saya berharap, santri yang sudah divaksin ini dapat memberikan pemahaman baik kepada keluarga, maupun masyarakat yang belum di vaksin agar dapat segera di vaksin. Sehingga dengan ini dapat memutus mata rantai Covid-19,” ujarnya.

Usai meninjau vaksinasi, Menko PMK berkesempatan menyaksikan pameran karya santri, hingga pameran produk UMKM produksi pesantren.

Terkait kecilnya penularan Covid-19 di k)lingkungan pesantren, Muhadjir mengatakan, dengan sistem pondok pesantren yang seperti tempat isolasi ini membuat penyebaran Covid-19 dapat terkontrol. Selain itu para santri dapat menerapkan 5M, salah satunya sering cuci tangan.

“Dengan pola asrama serta vaksinasi yang sudah mulai dilakukan, penyebaran Covid-19 di pesantren dapat diantisipasi, dan khususnya penyebaran Covid-19 di masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Walikota Habib Hadi Zaenal Abidin mengatakan, dengan dilakukannya vaksinasi kepada santri ini merupakan bukti hadirnya pemerintah. Sehingga ke depan seluruh santri di Kota Probolinggo dapat segera divaksin.

Baca Juga  Curi Motor Saat Hajatan, Pelaku Dihajar Massa

“Dengan vaksinasi yang diberikan kepada para santri, ke depan dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19 Selain itu, vaksinasi kepada para santri ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin ini halal,” ujarnya. (ADV)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Wali Kota Tandatangani Pemanfaatan BMD, Plaza Probolinggo Segera Difungsikan Kembali

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo dan PT. Amco Jaya Tri Tunggal Pratama menandatangani kesepakatan pemanfaatan Barang …