Bekas Galian Jargas di Kota Probolinggo Amblas, Dewan Geram

PROBOLINGGO,- Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo, melakukan sidak di sejumlah bekas galian jaringan gas (jargas), Rabu (13/10/21). Sidak ini untuk menindaklanjuti amblasnya bekas galian Jargas saat pengaspalan jalan beberapa waktu lalu.

Salah satu lokasi yang di sidak Komisi 3 DPRD Kota Probolinggo adalah di traffic light Jalan Brantas, Kecamatan Kademangan. Di lokasi itu, ada bekas galian jaras yang telah diaspal namun amblas.

Kondisi itu dinilai sangat membahayakan bagi pengguna jalan sehingga perlu segera dilakukan perbaikan. Bahkan tak sedikit warga yang melapor ke wakil rakyat soal kondisi itu.

“Dari sidak ini kita ketahui bahwa salah satu bekas galian jargas amblas sedalam sekutar 15 sentimeter. Jari perataan bekas galian ini sebelumnya tidak ada pemadatan dan langsung di aspal sehingga struktur tanah mengalami penurunan,” ujar Ketua Komisi 3, DPRD Kota Probolinggo Agus Riyanto.

Tak hanya satu titik saja, bekas galian jargas yang amblas setelah diaspal maupun dipadatkan, juga terdapat di sejumlah jalan yang dilewati proyek jargas. Atas hal itu, Komisi 3 meminta kerusakan jalan segera diperbaiki.

“Kita meminta kepada penanggung jawab (proyek) untuk segera memperbaiki bekas galian ini. Baik yang sudah diaspal maupun yang belum,” imbuh politisi PDI-P ini.

Sementara, Kasi Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Kota Probolinggo, Beni Candra mengatakan, pengerjaan jaringan gas yang saat ini masih berjalan akan tetap ia pantau hingga rampung. Jika ada ketidakwajaran, pihaknya tidak akan segan-segan untuk menegur.

“Selama pengerjaan ini akan kita pantau. Nanti jika diemukan pengerjaan yang tidak sesuai, maka kita akan langsung beri peringatan tertulis kepada rekanan. Jika tetap, maka kita akan hentikan pengerjaanya,” ancam Beni.

Baca Juga  Duh! Tiga Wanita Bawah Umur Dijual di Tretes Seharga Rp700 Ribu

Dilain pihak, Manager Kontruksi PT. Pratiwi Putri Sulung area Kota Probolinggo, Pandu Andiyani selaku penanggung jawab proyek berjanji akan memperbaiki galian bekas jargas yang amblas tuntas.

“Kita punya waktu hingga tanggal 9 November. Dalam tentang waktu tersebut, kita akan melakukan perbaikan,” ujar Pandu singkat. (*)

Editor ; Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …