Jelang Maulid Nabi Muhammad, Perajin Cobek Ketiban Berkah

PASURUAN,- Sejumlah perajin cobek atau cowek di Kota Pasuruan banjir pesanan selama beberapa hari terakhir. Penyebabnya, karena warga yang pesan sebagai persiapan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang diaki Sofah (52), warga Kelurahan Randusari, Kecamatan Gadingrejo. Menurutnya, menjelang maulid nabi, pesanan cobek meningkat drastis jika dibandingkan saat hari-hari biasa.

Alhasil, keuntungan yang didapatkan perempuan paruh baya itu juga lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Pemesanan cobek rata-rata berasal dari wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan.

“Jelang maulid Nabi ini, per hari saya mampu membuat 50-70 cobek. Kalau hari-hari sebelumya tidak sampai segitu,” kata Sofah kepada PANTURA7.com, Sabtu (9/10/2021).

Perempuan yang sudah menggeluti kerajinan cobek selama 30 tahu itu, bahkan kewalahan melayani permintaan karena banyaknya pesanan jelang maulid nabi ini.

“Saya sangat kewalahan, karena ini semua saya kerjakan sendiri,” paparnya menegaskan

Dijelaskan Sofah, motif cobek yang dipesan warga untuk keperluan maulid nabi nerbeda dengan cobek biasanya. Cobek maulid, dihiasi corak batik dan bibir cobek dilengkapi ukiran-ukiran artistik.

“Kalau cobek buat ngulek (mengkhususkan) sambel, itu tidak ada motifnya,” jelasnya.

Harga cobek buah tangan Sofah, dijual dengan harga Rp20 ribu per biji untuk kategori jual ecer. “Sedangkan ke pengepul atau pemborong, dijual dengan harga Rp17 ribu per cobek,” pungkas dia. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Pohon Tumbang Timpa Pengguna Jalan Hingga Tewas

Baca Juga

Bawang Merah Probolinggo Tersisih di Kalimantan, Ternyata ini Sebabnya?

Probolinggo,- Bawang merah asal Probolinggo dan sejumlah daerah di Jawa dikabarkan tidak bisa masuk ke Kalimantan …