Hutan Lereng Bromo Terbakar, Hanguskan Cemara Gunung

TOSARI,- Kebakaran hutan terjadi di kawasan lereng Gunung Bromo, tepatnya di wilayah Kabupaten Pasuruan. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut.

Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (BB TNBTS), Syarif Hidayat mengatakan, kebakaran kawasan konservasi itu terdeteksi kemarin, Sabtu (9/10/2021) sekitar pukul 10.30 WIB.

Kebakaran terjadi di kawasan resort Tengger laut pasir dan wilayah resort bukit Penanjakan, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

“Yang terbakar adalah semak-semak, alang-alang, kemudian ada juga jenis akasia dan cemara gunung,” kata Syarif kala dikonfirmasi PANTURA7.com via sambungan seluler, Minggu (10/10/2021).

Untuk luas dan penyebabnya, dijelaskan Syarif, masih diselidiki oleh petugas di lapangan. Namun informasi sementara, tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB, api sudah bisa dikendalikan.

“Pemadaman kita pakai alat-alat manual seperti tangki air, jet suter kemudian alat manual lain. Ranting-ranting juga digunakan untuk memadamkan api,” jelas Syarif.

Ia menambahkan, untuk memastikan api tidak muncul kembali, hingga saat ini petugas BB TNBTS di lapangan masih terus bersiaga di sekitar lokasi kebakaran.

“Teman-trmna saat ini masih standby untuk memastikan tidak ada lagi api muncul kembali,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Asisten Dokter Tewas dalam Klinik, Korban Pembunuhan?

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …