Sasar Generasi Milenial, Emak-emak Kampung Baremi Produksi T-shirt Batik

MAYANGAN,- Kain mori biasanya digunakan sebagai bahan untuk membatik. Namun ditangan emak-emak warga Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, kaos polos menjadi media membatik beraneka gambar yang bernilai tinggi.

Membatik dengan media kaos polos (t-shirt) tidak jauh berbeda dengan membatik dengan kain mori. Pertama, perajin membuat pola yang akan dibatik, kemudian pola tersebut di canting lalu masik ke proses pewarnaan.

Proses pewarnaan memerlukan kehati-hatian ekstra. Pasalnya, pewarnaan pada gambar ini rata-rata full color dan berbeda dengan batik pada umumnya. Selain itu, gambar atau pola yang terdapat pada kaos berupa aneka tokoh kartun, hingga gambar tokoh cerita asal Bali, Leak.

Pengrajin batik kaos, dan pemilik galeri batik Baremi, Rina (35) mengatakan, pembuatan batik aneka gambar di media kaos ini target pemasarannya adalah para generasi milenial. Tak heran jika gambar batik mengikuti tren saat ini.

“Untuk proses pengerjaan batik kaos ini di rumah masing-masing pengrajin. Jadi jika sudah selesai baru disetor ke galery. Hasil penjualan tentu dapat menambah penghasilan para ibu-ibu ini,” ujar Rina, Minggu (10/10/21).

Satu kaos batik, dibandrol Rp150 ribu hingga 200 ribu, tergantung bahan kaos serta tingkat kerumitan pembuatan. Meski kaos batik baru dilempar ke pasaran sekitar 2 mingguan, namun animo pasar ternyata cukup baik.

“Kita terus memproduksi kaos yang dibatik ini sebagai inovasi Kampung Bremi yang sudah mempunyai julukan Kampung Batik. Tentunya juga untuk melestarikan batik,” imbuh Rina.

Salah satu pembatik, Wiwit Jumiati menjelaskan, motif batik yang dibuatnya seringkali bergambar Leak full warna. Proses pengerjaan mulai awal hingga siap jual membutuhkan waktu sekitar 4 hari.

“Alhamdulillah, setelah mengurus rumah tangga selesai, saya bisa menyalurkan keahlian saya membatik. Hasilnya lumayan, dapat menambah penghasilan keluarga,” ujarnya.

Baca Juga  Ribuan Pemudik Padati Pelabuhan Mayangan Probolinggo

Penasaran dengan kaos batik yang diproduksi emak-emak Kampung Baremi? Datang saja ke Galeri Batik Baremi di Jl. Wijaya Kusuma, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kita Probolinggo. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Gurami Asam Manis ala Warung Issed; Gurih di Lidah, Ramah di Kantong

KADEMANGAN,- Bagi penggila kuliner, menu Gurami Asam Manis di Warung Issed, di Kurahan Pohsangit Kidul, …