Jelang Natal, Inflasi Kota Probolinggo Diprediksi Terkendali

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Inflasi di Kota Probolinggo menjelang Hari Natal diprediksi tetap terkendali. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, meski inflasi diprediksi naik pada akhir tahun tetapi masih terkendali.

Hal ini disampaikan Kasi Statistik Distribusi pada BPS Kota Probolinggo, Mochammad Machsus. Dikatakan sampai saat ini BPS setempat mencatat inflasi di Kota Probolinggo mencapai 1,5%. Jika dibanding Juli lali, angka inflasi sampai 2,30%. Sedangkan Agustus dan September mengalami deflasi 0,35 %.

“Menjelang akhir tahun, komiditas cenderung naik seperti ayam dan telur Ini bisa memacu laju inflasi. Kami akan koordinasi dengan TPID untuk antisipasi,” ucap Machsus melalui sambungan telepon, Senin (3/12/2018).

Diketahui salah satu penyebab naiknya inflasi disebabkan karena permintaan atau daya tarik masyarakat yang kuat terhadap suatu barang. Hal ini dibuktikan dengan naiknya harga ayam potong sampai Rp 35 ribu per kilogram.

Oleh karena itu pihaknya mengingatkan, seluruh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Probolinggo maupun perangkat daerah untuk tidak terfokus pada angka-angka dalam mengetahui perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat maupun tingkat kemiskinan.

“Tahun ini, angka kemiskinan di Kota Probolinggo sebesar 7,84%. Dibanding tahun 2016, angka tersebut turun 0,13 %,” kata lanjut Machsus. Sementara itu, jumlah warga miskin di Kota Probolinggo berkurang dari 18.370 orang pada 2016 menjadi 18.230 orang pada 2017

Walaupun angka kemiskinan menurun dan inflasi diprediksi tetap terkendali, ia mengingatkan para stakeholder tetap menyediakan pasokan yang banyak dan cukup untuk masyarakat agar tidak terjadi inflasi.

“Karena itu, mari bersama bekerja dengan baik. Ini tantangan bagi kita agar terus bekerja lebih baik,” tandasnya. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Jadi Tersangka Korupsi, Anggota DPRD Probolinggo Segera Ditahan

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …