Disebut Preman dan Maling, Warga Kalibuntu Laporkan Akun FB

PROBOLINGGO,- Sahlal Hariyadi (44), warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres setempat, Selasa (5/10/2021) siang.

Pria yang bekerja sebagai debt collector di sebuah perusahaan finance itu melaporkan dua akun media sosial (medsos) Facebook (FB) sekaligus. Ia menilai, kedua akun FB itu mencemarkan nama baik beserta keluarganya.

Akun medsos yang dilaporkan ke polisi itu diketahui bernama “Eki Aditya”. Akun tersebut telah mengunggah foto Sahlal yang telah dilingkari coretan merah di beberapa grup Facebook dengan caption negatif.

“Hati-hati Perampas Motor Premanisme Berkedok Debt Colector Bawa Surat SAHLAL HARIYADI Setiap Hari Beroperasi di Sepanjang Jalan Kraksaan Probolinggo (Kampung Arab Kraksaan). Markas Timur Kuburan Kalibuntu Tempat Pengumpulan Sepeda Motor Rampasan Besuki Situbondo,” tulis akun Eki Aditya.

Selain itu, Sahlal juga melaporkan salah satu akun fake Facebook lainnya yang memakai foto Sahlal dengan nick name “Aku Maling” dengan beberapa unggahan yang diduga ada unsur ujaran kebencian.

“Saya tidak kenal dengan akun itu, dan juga tidak pernah ketemu sama orangnya. Tetapi setelah dua hari diposting, saya baru dapat informasinya dari teman saya. Selain itu ada juga akun palsu memakai foto saya dan namanya itu ‘Aku Maling’,” kata Sahlal.

Karena dinilai sudah keterlaluan serta mengandung unsur ujaran kebencian, Sahlal akhirnya mendatangi SPKT Polres Probolinggo dengan membawa tanda bukti foto screen shot kedua akun tersebut.

“Karena unsur pidana sesuai Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektornik, Red.) terpenuhi akhirnya saya laporkan. Apalagi di postingan foto tersebut membawa foto keluarga saya. Saya harap segera diproses secepatnya,” ujar pria berambut panjang itu.

Sementara itu, Kepala SPKT Polres Probolinggo, Brigpol Afanza Mafrudha membenarkan dan menerima adanya laporan dugaan ujaran kebencian oleh dua akun medsos FB sekaligus.

Baca Juga  Sehari, 2 Motor di Klinik Kota Pasuruan Amblas Digondol Maling

“Sudah kami terima laporannya. Dan akan segera kami tindaklanjuti dengan terlebih dahulu disampaikan kepada pimpinan untuk proses selanjutnya,” ungkap Afanza. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Aksi Gangster Bawa Sajam di Bangil Pasuruan Terekam CCTV, Polisi Ciduk 4 Remaja

Pasuruan,- Sebuah video rekaman CCTV yang memperlihatkan sekelompok pemuda membawa senjata tajam di perempatan Kancil …