Curi Uang Kotak Amal Masjid, Pria asal Pamekasan Nyonyor di Tongas

TONGAS,- Malang betul nasib Tosan (51), warga Dusun Dadak Timur, Desa Palesanggar, Kecamatan Pengantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura. Tak hanya gagal menggondol barang curian, Tosan juga babak belur dihajar massa.

Peristiwa itu terjadi di Desa Sumendi, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Kamis (9/9/21) pagi. Saat itu, Tosan mendatangi masjid Nurul Huda, Desa Sumendi, sekitar pukul 5.00 WIB.

“Pelaku ini datang ke masjid dengan mengendarai motor matic. Karena kondisi masjid sepi, pelaku menuju kotak amal yang ada di teras masjid dan langsung mencongkel gembok,” ujar warga sekitar, Yasir.

Namun saat asyik membongkar uang kotak amal, ia tepergok jemaah yang saat itu masih berada di masjid. Jemaah kaget mendengar pelaku mencongkel gembok, dan kemudian meneriaki pelaku maling.

Sadar karena kepergok, pelaku langsung melarikan diri. Namun warga sekitar mendengar teriakan maling, bergegas menangkap pelaku dan menghajarnya.

Bahkan motor yang dikendarai Tosan, juga menjadi pelampiasan amuk warga. Honda Beat warna putih biru yang dikendarai pelaku dibakar warga.

“Saat kepergok, pelaku sudah membawa uang kotak amal sebesar Rp115 ribu. Setelah ditangkap warga, pelaku kemudian dibawa petugas ke Polsek Tongas menggunakan mobil polisi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Tongas, Iptu Gendut Wijayanto mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa pria yang mengaku tinggal di wilayah Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo itu memang seringkali beraksi di sejumlah masjid.

“Dari pengakuannya, pelaku sudah neberapa kali mencuri uang kotak amal masjid. Saat ini, kasus ini masih kami kembangkan,” tandas Gendut. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Gerakan Sosial, Tanaszaha Krejengan Gelar Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis 

Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …