Donor Darah Keliling Tak Maksimal, Stok Darah di PMI Menipis

KRAKSAAN,- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga berlanjut ke PPKM Level 3 berdampak pada stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo.

Data yang diperoleh PANTURA7.com, terhitung sejak Kamis (26/8/2021) stok darah di UTD PMI Kabupaten Probolinggo hanya tersisa 72 kantong. Rinciannya, 14 kantong golongan darah A, 34 kantong golongan darah B, 18 kantong golongan darah O dan 6 golongan darah AB.

Sedangkan untuk persediaan plasma konvalesen, terhitung sejak Kamis (26/8/2021), stok di UTD PMI Kabupaten Probolinggo untuk golongan darah A tersisa 1 kantong dan golongan darah AB tersisa 2 kantong, sementara untuk golongan darah B dan O sudah habis.

Sebelumnya, total untuk permintaan terlayani, golongan darah A sebanyak 20 kantong, B sebanyak 23 kantong, O sebanyak 28 kantong dan AB sebanyak 7 kantong. Di sisi lain, untuk pasien terlayani, 15 kantong golongan A, 16 kantong golongan B, 28 kantong golong O dan 4 kantong golongan AB.

Kepala UTD PMI Kabupaten Probolinggo, dr. Adi Nugroho mengatakan, selama pandemi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo angka kebutuhan darah memang meningkat, terlebih lagi ketika pemerintah menerapkan PPKM Darurat hingga PPKM Level 3.

“Tapi untuk kegiatan donor darah tetap kami lakukan, karena ini memang tuntutan dari pihak rumah sakit yang terus-menerus membutuhkan darah untuk para pasien. Untuk kebutuhannya memang meningkat selama pandemi hitungannya,” kata Adi.

Oleh karena itu, lanjut Adi, donor darah keliling tetap bisa dilakukan meskipun saat ini masih penerapan PPKM yang diantara aturannya tidak boleh menimbulkan kerumunan massa. Tapi, menurut dia, terpaksa diberlakukan demi kemaslahatan bersama.

“Tetap ada (donor darah keliling) dan masih berlangsung, karena untuk memenuhi kebutuhan di rumah sakit. Dan tentunya tetap dengan prokes baik petugas maupun calon pendonor, tapi ya itu tidak semaksimal seperti biasanya,” ungkap Adi saat dikonfirmasi. (*)

Baca Juga  Banner Sering Ditertibkan, PKB : Milik Partai Lain Kok Masih Aman

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Percepat Herd Immunity, Gus Ipul Luncurkan Rumah Vaksinasi Taman Kota

PASURUAN,- Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meluncurkan Rumah Vaksinasi Taman Kota, Senin (4/10/2021). Rumah vaksin didirikan …