Kibarkan Merah Putih di Puncak P30, Ajang Bangkitkan Ekonomi

SUMBER,- Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo memilik cara tersendiri untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76. Yaitu, dengan menggelar upacara di Puncak Pundak Lembu atau dikenal dengan P30.

Upacara yang dipimpin Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyono, Selasa (17/8/2021) itu berjalan dengan khidmat. Para peserta dari staf dan Pemerintah Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber.

Dikatakan Sugeng, selain memeriahkan HUT ke-76 RI, tujuan melaksanakan upacara di tempat wisata yang dikenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan itu juga sebagai ajang promosi wisata. Mengingat saat ini perekonomian sektor wisata belum maksimal.

“Sederhana, dan tidak melibatkan banyak orang sehingga tidak mengundang kerumunan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Karena sebagai ajang promosi wisata ini setelah diresmikan oleh pemerintah,” kata Sugeng yang sekaligus inspektur upacara.

Geliat tersebut, sambung Sugeng, nantinya diharapkan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya di sektor wisata Kabupaten Probolinggo di masa pandemi dan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Sehingga meningkatkan kunjungan wisata dan tentunya memperbaiki ekonomi sektor pariwisata dalam masa pandemi Covid-19 ini dengan tetap ketat dalam prokes dan mengikuti SE (Surat Edaran) bupati tentang PPKM,” ujar Sugeng.

Seperti diketahui, Wisata Puncak Pundak Lembu (P30) di Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo resmi dibuka, 12 Agustus 2020 lalu. Puncak P30 lebih tinggi daripada Gunung Bromo yakni, 2.635 meter di atas permukaan laut (mdpl). P30 berada di sebelah barat Gunung Bromo, yang tingginya 2.329 mdpl.

Di Puncak P30, Gunung Semeru yang berada di sebelah selatan terlihat jelas. Begitupun sisi utara, panorama hijau memanjakan mata nampak terhampar. Tak heran hal itulah kemudian menjadi alasan P30 disebut sebagai Negeri di Atas Awan. (*)

Baca Juga  Eloknya Air Terjun Nawangsari Yang Perawan

 

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …