Harga Anjlok, Gudang Tembakau Siap Tampung Akhir Bulan

PROBOLINGGO,- Harapan petani tembakau agar gudang segera buka mulai menemui titik terang. Beberapa gudang menyatakan, akan buka dalam waktu dekat. Sisi lain, akibat gudang tak kunjung buka, harga tembakau saat ini terbilang anjlok.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo, Endang Rustiningsih mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa gudang di Kecamatan Paiton. Gudang tembakau diperkirakan segera buka.

“Paling tidak kemungkinan besarnya akhir bulan ini atau awal bulan mendatang. Kami sudah berkoordinasi juga, karena saat ini pihak gudang juga sedang memantau kualitas tembakau petani untuk memastikan harganya,” kata Endang, Jumat (13/8/2021).

Sementara itu, Kepala Seksi Pergudangan PT. Gudang Garam, Paiton Kholifiyah mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya sudah akan membeli tembakau dari petani setempat. Namun, sebelum gudang dibuka, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan selametan gudang.

“Tujuannya, yang pasti agar bisnis tembakau pada tahun ini tidak menyebabkan kerugian bagi kami dan para petani juga tentunya. Ini memang sudah rutinan setiap tahun. Setelah selametan ini kami langsung buka,” ujar Kholifiyah.

Namun, lanjut dia, pihaknya juga tidak bisa memastikan kapan selametan itu akan digelar. Sebab pihak gudang masih mencari hari dengan primbon yang baik untuk menggelar selamatan.

“Gudang Garam pusat yang menentukan hari baiknya kapan, tapi insya Allah dalam bulan ini sudah selametan. Baru setelah itu gudang langsung siap menampung hasil panen tembakau petani sambil lalu mengecek kualitas tembakau untuk harganya,” katanya. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pasca OTT Jual-beli Jabatan, 252 Pj. Kades Segera Dilantik

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …