Polres Usulkan Pilkades Serentak di Probolinggo Ditunda

PROBOLINGGO,- Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo mengusulkan, pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo ditunda. Diketahui, rencana pilkades serentak di 252 desa akan digelar 27 Desember 2021 mendatang.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, usulan penundaan pesta demokrasi di level desa sudah dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat dengan pertimbangan pandemi Covid-19.

“Karena ini (pandemi Covid-19) masih belum diketahui, apakah akan melonjak seperti saat ini, atau semakin menurun untuk kedepannya. Maka ada baiknya jika untuk pilkades ditunda dulu,” kata Arsya, Selasa (27/7/2021).

Sedangkan pada saat pilkades, lanjut Arsya, tentunya menyebabkan kerumunan. Selain itu, jadwal pilkades itu berdekatan dengan tahun baru 2022. Di mana menjelang tahun baru ini, pihaknya biasa melakukan giat operasi lilin semeru. Termasuk polres-polres lainnya di Jawa Timur.

“Namun itu hanya merupakan sebuah usulan, mengenai keputusan tetap akan dikembalikan kepada pemerintah. Baik akan ditunda pada tahun 2022, atau tetap akan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya kami tetap dukung,” ungkap Arsya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Penataan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo, Nur Rahmad Sholeh mengatakan, belum bisa menentukan tindakan apa pun mengenai hal tersebut.

“Untuk hal itu (usulan penundaan) masih menunggu petunjuk Bupati Probolinggo, baik akan dilanjut atau akan ditunda sesuai usulan Polres Probolinggo. Yang jelas sampai saat ini masih tetap 27 Desember,” ujar Rahmad saat dikonfirmasi. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Ingin Sehat, Ratusan Lansia Kota Probolinggo Ikuti Vaksinasi Massal

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …