Apdesi Ingatkan Cakades Terpilih Siap Mental Hadapi Warga

KRAKSAAN – Sebanyak 62 calon kepala desa (Cakades) terpilih akan dilantik secara resmi, Senin (9/8/2021) mendatang. Ketua Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Probolinggo meminta untuk kades baru pertama kali menjabat untuk mempersiapkan diri sejak dini.

“Pelaksaan pelantikan para cakades terpilih akan segera dilaksanakan pada beberapa bulan ke depan. Pelantikan itu bukan sebuah akhir perjuangan. Melainkan gerbang awal untuk memulai perjuangan yang sebenarnya,” kata Ketua Apdesi Hasanuddin, Jumat (2/7/2021).

Untuk itu, lanjut Hasanuddin, harus disiapkan sejak dini, terutama mental. Karena, para cakades itu akan berhadapan langsung dengan masyarakat dan menemui beragam karakter rakyatnya. Terlebih lagi para cakades yang baru kali menjabat pada periode ini.

“Tentu, mereka harus banyak belajar, pengalaman tentang pemerintahan merupakan persoalan mudah yang bisa disiapkan sambil melangkah. Namun, berbeda dengan pengalaman menghadapi karakter masyarakat yang bermacam-macam,” tutur Hasan.

Menjadi kades, sambung dia, tidak seperti menjadi ketua organisasi karang taruna atau lainnya. Seorang kades, menurutnya, juga harus mampu mengemban amanah dan menampung seluruh aspirasi rakyatnya. Serta menekan terjadi konflik di tengah-tengah mereka.

“Banyak cakades saat ini masih baru kali pertama. Tentu mereka tak punya pengalaman menjadi kades. Itu perlu dipersiapkan sedini mungkin. Terutama mental. Karena mereka akan menghadapi karakter masyarakat yang berwarna-warni,” katanya.

Terlebih, Kades Penambangan ini menyampaikan jika tak lama lagi warga Kabupaten Probolinggo menghadapi pilkades serentak tahap II 2021, Desember mendatang. Pilkades itu digelar 212 desa dengan berbagai macam karakter warganya.

“Semoga tetap lancar pelaksanaan, baik pelantikan kades baru maupun pelaksanaan pilkades serentak tahap kedua ini. Apalagi saat ini kita juga dihadapi pandemi yang berkepanjangan, pintar-pintarlah mengambil dan menghadapi isu-isu jangan sampai termakan,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Razia Prokes lalu Swab di Tempat, 47 Warga Terjaring, 2 Positif Covid-19

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …