Prihatin Korban Banjir, Bupati Tantriana Serahkan 3 Ribu Perlengkapan Salat

DRINGU-PANTURA7.com, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, memberikan bantuan perlengkapan alat sholat kepada korban banjir di Kecamatan Dringu, Sabtu (13/3/2021) sore.

 

Sebanyak 3 ribu perlengkapan alat salat itu disalurkan bagi korban banjir di empat desa, yakni Desa Dringu, Kedungdalem, Kalirejo dan Tegalrejo. Bantuan itu juga diserahkan oleh anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan anggota Forkopimka Dringu.

 

Terdapat 10 kepala keluarga (KK) menerima bantuan secara simbolis yaitu 5  KK dari Desa Kedungdalem dan 5 (lima) KK dari Desa Dringu di Pendopo Kantor Desa Kedungdalem.

 

Selain itu, bantuan itu juga diserahkan kepada 10 Kepala Keluarga yaitu 5  KK berasal dari Desa Kalirejo dan 5 (lima) KK dari Desa Tegalrejo di Pendopo Kantor Desa Tegalrejo Kecamatan Dringu.

 

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin  meyebut, banjir Dringu disebabkan oleh dua faktor. Yakni efek gundulnya hutan dan ulah manusia sendiri yang membuang sampah di sungai.

 

“Jalan keluarnya adalah harus disediakan bak-bak sampah sebagai penampungan sampah di tiap-tiap Rukun Warga (RW) melalui anggaran Dana Desa,” kata Hasan.

 

Menurut Hasan, istrinya yang tak lain merupakan bupati probolinggo, akan memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menyediakan kendaraan pengangkutan sampah sehingga sampah-sampah di setiap desa bisa diambil.

 

“Banjir yang terjadi menjadi bagian dari istiqomah untuk diatasi. Kedepannya akan dilakukan pembangunan plengsengan sesuai hasil diskusi dan kesepakatan saya selaku Pimpinan Komisi IV DPR RI, Bupati Probolinggo dan Gubernur Jawa Timur,” jelasnya.

 

Hasan menegaskan, bahwa mulai Senin akan dilakukan gerakan bersih-bersih yang dimulai dari Pemerintah Daerah, TNI/Polri beserta seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga  Wabup Jenguk Anak Pemulung, Lira : Pemkab Kok Lamban

 

“Gerakan ini dikemas dalam program padat karya yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa nantinya,” tegas mantan Bupati Probolinggo 2 periode ini.

 

Usai penyerahkan bantuan yang didristribusikan di Desa Tegalrejo, Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin, melihat langsung plengsengan Sungai Kaliamas yang longsor di Dusun Krajan RT 07 RW 02. (Adv)

Baca Juga

Wali Kota Tandatangani Pemanfaatan BMD, Plaza Probolinggo Segera Difungsikan Kembali

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo dan PT. Amco Jaya Tri Tunggal Pratama menandatangani kesepakatan pemanfaatan Barang …