ANTUSIAS: Salah satu peserta kontes kambing Ras Senduro di Lumajang. (foto: Asmadi)

Ada Kontes Kambing Ras Senduro di Lumajang, Pesertanya Ratusan

Lumajang,- Kontes kambing Ras Senduro regional Jawa Timur digelar di Bumi Perkemahan Glagah Arum Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Minggu pagi, (18/6/2023).

Kontes kambing ini diikuti lebih dari 300 peserta. Beberapa peserta diantaranya berasal dari Kabupaten Malang, Banyuwangi, Pasuruan, Lamongan, Jember dan Probolinggo.

Dalam kontes kambing etawa Ras Senduro ini ada 11 kelas yang dilombakan. Total hadiah yang disediakan panitia untuk para pemenang tak tanggung-tanggung, yakni Rp22 juta.

“Kontes ini dalam rangka persiapan Pra Piala Presiden tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 Agustus ini. Lokasi Piala Presiden ada dua opsi, di Bumi Perkemahan Glagah Arum dan di Kawasan KWT (Kawasan Wonorejo Terpadu, red),” kata panitia kontes, Saiful.

Selain ajang ‘pemanasan’ sebelum Pra Piala Presiden, lanjut Saiful, kontes itu juga untuk mengenalkan kambing putih (Ras Senduro) kepada masyarakat. Tujuannya, untuk meningkatkan daya tarik masyarakat beternak Kambing Ras Senduro.

“Tujuan kami mengadakan ini untuk meningkatkan pasar kambing Ras Senduro, sehingga para peternak bisa kembali bersemangat beternak,” jelas dia.

Adapun aspek penilaian kontes ini adalah mulai dari bulu hingga bentuk tubuh kambing. Semua dinilai oleh dewan juri yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia.

Salah satu peserta kontes kambing Ras Senduro ini adalah Winarko. Peternak dari Kabupaten Malang ini sengaja jauh-jauh datang ke Bumi Perkemahan Glagah Arum Kabupaten Lumajang hanya untuk mengikuti kontes kambing yang menurutnya sangat bermanfaat untuk peternak.

Winarko mengaku telah mempersiapkan 2 ekor kambingnya jauh-jauh hari untuk ikut Kontes Pra Piala Presiden ini. Salah satu persiapannya yakni memberikan ramuan khusus agar bulu kambing tetap lurus dan tidak rontok.

“Saya datang dari Malang untuk ikut kontes kambing ini, bawa dua ekor kambing. Insya-Allah dapat nomer lah, (memang, red),” katanya sambil tersenyum. (***)

Baca Juga  Hujan Deras Tenggelamkan Bibit Tembakau, Petani Tanam Ulang

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …