Vaksinasi Nasional Buka Peluang Ibadah Haji 2021 Digelar

DRINGU-PANTURA7.com, Vaksinasi Covid-19 yang digelar di seluruh penjuru negeri, tidak hanya dapat menekan penyebaran virus korona. Program nasional itu juga membuka peluang kembali diberangkatkannya jemaah calon haji (JCH) asal Indonesia tahun ini.

Hal itu dijelaskan anggota Komisi VIII DPR-RI, Anisah Syakur. Menurut Anisah, sebagai wakil rakyat yang bermitra dengan badan pengelola keuangan haji, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan duta besar RI di Arab Saudi.

“Sampai saat ini secara MoU antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi belum ada. Tetapi sinyal itu ada, kemungkinan bulan depan sudah ada kepastian bahwa jamaah calon haji tahun 2021 bisa diberangkatkan,” kata Anisah.

Optimisme itu, menurut Anisah, tak lepas dari vaksinasi nasional yang diterapkan di Indonesia. Sehingga pemerintah Arab Saudi percaya JCH asal Indonesia bebas Covid-19 dan bersedia membuka kran penyelenggaraan haji yang ditutup sejak tahun lalu.

“Cuma saya belum tahu apakah akan diberangkatkan semuanya atau sebagian, yang jelas adanya vaksinasi ini sangat membantu menambah kepercayaan pemerintah Arab Saudi terhadap jamaah kita,” papar politisi PKB ini.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Sruji Bachtiar mengatakan, pihaknya sudah siap seandainya tahun ini ada pemberangkatan CJH. Persyaratan administrasi JCH seperti paspor dan perangkat lainnya sudah disiapkan.

“Semuanya sudah siap, tinggal menunggu kepastian dari pemerintah, kapan kita akan berangkat dan berapa jamaah yang bisa diberangkatkan,” terang Bachtiar.

Tahun ini, sambung Bachtiar, para jamaah yang bisa diberangkatkan merupakan JCH yang keberangkatannya pada 2020 lalu tertunda. “Jumlahnya 700 sekian jamaah. Insya-Allah tetap akan diberangkatkan,” tandasnya. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Tiga Rumah Warga Penambangan Porak-poranda Diterjang Puting Beliung

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …