Hiu Tutul Kembali Muncul, Nelayan Diminta Hati-hati

MAYANGAN-PANTURA7.com, Spesies hiu terbesar, yakni hiu tutul atau whale shark muncul di perairan utara Kota Probolinggo, Sabtu (13/3/21). Satwa dilindungi itu terlihat di Dermaga 1 Pelabuhan DABN, Kecamatan Mayangan.

Petugas Operasional Lapangan DABN, Deny Adriansyah mengatakan, mamaia itu terlihat di area dermaga 1 sekitar pukul 16.00 WIB. Tak hanya satu ekor, namun ia melihat 2 ekor hiu berukuran besar tengah berenang santtai.

“Hiu tutul itu berukuran besar, jumlahnya dua ekor. Saya kemudian merekam aktifitas hiu tutul itu, sepertinya sedang mencari makan, karena hiu berkeliling di sekitar dermaga,” ujarnya.

Deny menambahkan, beberapa pekan sebelumnya ia juga melihat kawanan hiu tutul berenang di perairan utara Probolinggo. biasanya, imbuh dia, hiu tutul berkeliaran di area dermaga selama sepekan kemudian menghilang.

“Setelah satu bulan tidak terlihat, hiu tutul itu muncul lagi di sekitar dermaga 1 DABN. Biasanya tidak hanya dua ekor saja, namun berkelompok,” imbuh dia.

Kasat Polairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno mengatakan, hiu tutul itu muncul di perairan Probolinggo sejak awal tahun 2021. Selain di area pelabuhan Mayangan Probolinggo, hiu tutul juga muncul di Pantai Bentar dan pelabuhan Pasuruan.

“Munculnya hiu tutul ini karena saat ini perairan Probolinggo sedang banyak plankton, yang merupakan makanan hiu tutul itu,” papar AKP Slamet saat dikonfirmasi terpisah.

Ia menghimbau, warga khususnya para nelayan tidak menganggu hiu tutul yang sedang migrasi dari habitat aslinya itu. “Bagi nelayan agar berhati-hati saat menebar jaring, jangan sampai terkena hiu tutul,” wantinya. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Korban Banjir Dringu Keluhkan Bantuan Tidak Merata

Baca Juga

Nyepi, Jalur Bromo Probolinggo Ditutup

SUKAPURA-PANTURA7.com, Menjelang Hari Raya Nyepi, akses menuju kawasan wisata Gunung Bromo via Kabupaten Probolinggo ditutup. …