Rumahnya Roboh, Anak Yatim Piatu di Gading Banjir Santunan

GADING-PANTURA7.com, Husni Mubarak (17) anak yatim-piatu asal Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo akhirnya bisa sudah bernapas lega. Sebelumnya, rumah yang ia tinggali bagian belakangnya sempat roboh.

Bagaimana tidak, Senin (1/3/2021) siang, kediaman Husni dibanjiri santunan dan kunjungan dari beberapa instansi. Di antaranya, Wakil Bupati Probolinggo, A. Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan dan Dandim 0820, Letkol Inf. Imam Wibowo.

Sejak rumahnya roboh, pemerintah daerah dan desa langsung memperbaiki bangunan sehingga kembali layak huni. Tak hanya itu, banyak santunan yang diperoleh Husni Mubarak dari tamu-tamu yang berkunjung ke rumahnya.

Wabup Timbul mengatakan, dirinya tergerak berkunjung setelah mendapatkan laporan adanya rumah anak yatim piatu di Kecamatan Gading roboh. Rumah itu roboh setelah diterpa hujan disertai angin kencang, beberapa pekan lalu.

“Mendengar kabar itu, kami yang diperintah langsung oleh Bupati (Puput Tantriana Sari) berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD dan Dinas Sosial untuk segera menangani dan memperbaiki tempat tinggal anak ini,” kata Wabup Timbul.

Agar tidak terlalu lama dalam penanganan rumah tersebut, menurut pria asal Kecamatan Maron ini, pihaknya kemudian berinisiatif untuk merenovasi bangunan rumah yang roboh melalui sistem saweran (iuran) antar instansi pemerintah daerah.

“Karena kalau menunggu birokrasi itu akan terlalu lama, sehingga inisiatif Ibu Bupati, sehingga memutuskan untuk saweran. Karena itu juga kemudian renovasi ini disebut Gercep Saweran atau Gerakan Cepat,” tutur politisi partai PDIP ini.

Sistem saweran ini, lanjut Wabup Timbul, sebagai awal dalam memberi contok kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo jika ada tetangga ataupun orang lain yang mendapat cobaan itu tetap bergotong royong.

“Semuanya mempunyai tanggung jawab, sehingga dengan begini bisa dicontoh untuk saling membantu sesama tidak harus menunggu bantuan pemerintah, kalau seperti itu terus kapan semuanya harus terprogram,” tutur wabup dua periode ini.

Baca Juga  Parkir di Taman Maramis, Odong-odong di Kota Probolinggo Terbakar

Diketahui sebelumnya, cuaca ekstrim yang terjadi pada sore hingga Kamis malam, (18/2/2021), mengakibatkan satu rumah di Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo roboh. Beruntung, sang pemilik rumah selamat.

Rumah semi permanen yang ambruk itu ditempati Husni Mubaroq (18), warga Dusun Krajan, RT/003 RW/002 Desa Gading Wetan Kecamatan Gading. Rumah berdinding papan kayu itu nyaris rata dengan tanah. (Adv)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Wali Kota Tandatangani Pemanfaatan BMD, Plaza Probolinggo Segera Difungsikan Kembali

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo dan PT. Amco Jaya Tri Tunggal Pratama menandatangani kesepakatan pemanfaatan Barang …