Terancam Pidana, Pembuangan Sampah di TPS Mulai Teratur

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mulai memberlakukan jam pembuangan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pemeliharaan kebersihan TPS.

Terbukti, semenjak diberlakukan peraturan tersebut, warga di sekitar TPS sudah teratur membuang sampah atau sudah mengikuti operasional jam pembuangan yang dilarang dari sekitar pukul 7.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Koordinator Pasar Semampir, Joeli Santoso mengatakan, sejak diberlakukannya batasan jam pembuangan, kini TPS di Pasar Semampir sudah kerap menumpuk sampai ke pinggiran jalan. Hal tersebut juga dinilai banyak memberi dampak.

“Sudah, sudah teratur yang biasanya kalau pagi hari pasti meluas hingga ke pinggir jalan tapi saat ini sudah tidak lagi dan dampaknya sangat jelas dirasakan, mulai dari tidak bau dan pemandangan juga tidak terganggu,” kata Joeli, Senin (1/3/2021).

Dampak lain yang dirasakan, lanjut Joeli, jika sebelumnya jalanan pasar jika jam operasional pedagang dimulai biasanya kerap macet dan saat ini sudah tidak terlalu menyebabkan kemacetan. Sehingga, kata dia, larangan itu sangatlah berpengaruh.

“Karena kalau sampah sampai ke pinggiran jalan, untuk kendaraan pasti enggan lewat di atas sampah. Apalagi sekarang kan musim hujan, jadi juga untuk mencegah diri kita dari penyakit seperti demam berdarah dan yang lainnya,” tutur Joeli.

Diketahui sebelumnya, DLH Kabupaten Probolinggo memberlakukan larangan pembuangan sampah di waktu tertentu. Jika dilanggar, sanksi yang diberlakukan mulai dari administrasi sampai sanksi tindak pidana ringan (tipiring) sesuai Perda Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Wabup: Sehari Sampah Probolinggo Capai 50 Ton, DPRD Siapkan Perda

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …