Tak Jera, Residivis Pengedar Pil Koplo Kembali Ditahan

MARON-PANTURA7.com, Rizky Andika (30), warga Dusun Gading, Desa Wonorejo, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo diringkus polisi. Residivis tersebut dibekuk Satuan Reserse dan Narkoba (Satreskoba) Polres Probolinggo karena disangka mengedarkan pil koplo.

Informasi yang diperoleh, pria lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) itu diringkus di rumahnya, Senin (1/2/2021) sekitar pukul 21.30 WIB. Polisi juga menyita ratusan barang bukti (BB) pil Dextrometrophan dan Tryhexypenidly siap edar.

Kasatreskoba Polres Probolinggo, AKP Sujilan mengatakan, penangkapan tersangka bermula ketika pihaknya mendapat pengaduan masyarakat (dumas) yang resah dengan kelakuan pelaku yang kerap didapati mengedarkan obat-obatan terlarang.

“Setelah kami tindaklanjuti dengan mengintai aktivitas pelaku, ternyata memang adanya. Sehingga petugas langsung mengamankan pelaku di rumahnya beserta barang buktinya,” kata Sujilan, Rabu (3/2/2021).

Barang bukti (BB) yang disita, lanjut Sujilan, pil koplo jenis Dextrometrophan sebanyak 810 butir dengan 19 poket dan 2 poket pil Dextrometrophan yang sudah hancur. Selain itu, juga 81 pil Tryhexypenidly dengan 9 poket siap edar.

“Juga barang bukti lain seperti, uang hasil penjualan, botol penyimpan obat-obatan dan dua bendel plastik klip. Selanjutnya pelaku dan barang bukti kami amankan,” katanya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 197 sub 196 UU RI Nomor 36 Tahun 2009, tentang Kesehatan dengan ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara.

“Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku, pernah terlibat kasus serupa pada 2018 silam di wilayah hukum Polres Probolinggo,” tutup pria asal Magetan ini. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Mantan Kades Dringu Laporkan Pendemo ke Polres

Baca Juga

Bawa Kabur Motor, Warga Wonomerto Babak Belur Dihajar Massa

Probolinggo,- Pradivia Riyandra (37) warga Desa Sepuhgembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo babak belur akibat dihajar …