Pengamanan Alun-alun Kraksaan Diperketat

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Menjadi langganan aksi Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor), membuat Alun-alun Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, tidak lagi menjadi tempat yang ramah bagi warga.

Kepolisian dan pemerintah daerah pun kini harus bekerja keras guna mengantisipasi kejahatan serupa. Salah satu kegiatan preventif yang dilakukan adalah meningkatkan pengaman dengan patroli rutin.

Kasi Penyidikan dan Penindakan (Dikdak) Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Budi Utomo mengatakan, pihaknya kini melakukan patroli yang dilakukan setiap jam kerja. Patroli ini lebih mengedepankan fungsi pengawasan secara perseorangan.

“Jika patroli kamtibmas hanya mengontrol lokasi selama beberapa menit saja. Untuk patroli persuasif ini kami datangi langsung pengunjung yang kendaraannya diparkir sembarangan kemudian kami himbau agar lebih waspada,” kata Budi Utomo, Minggu (22/11/2020).

Dikatakan Budi, patroli persuasif tersebut sebagai upaya pencegahan dikarenakan para pengunjung pasti lupa akan kendaraannya jika sudah menikmati suasana taman Alun-alun Kota Kraksaan, yang kini didesain lebih ramah.

“Kalau sudah berfoto ria, lupa dengan kendaraannya sehingga memberikan kesempatan pada para pelaku kejahatan. Hal itupun sudah kami pelajari dari beberapa kejadian yang mayoritas hilangnya kendaraan karena faktor lalainya pengawasan,” tutur Budi.

Sekedar informasi, kasus curanmor memang kerap terjadi di wilayah Kota Kraksaan. Sepanjang tahun 2020 saja, ada sedikitnnya 16 kasus curanmor di dua Tempat Kejadian Perkara (TKP), yaitu di Alun-alun Kota Kraksaan dan di Taman Sumberlele (SL) Park.

Sejauh itu, polisi sudah meringkus 5 pelaku yang berasal dari Kecamatan Paiton dan Gading. Maraknya curanmor di 2 tempat keramaian tersebut, membuat pihak kepolisian mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo untuk meningkatkan sarana keamanan. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pengancam Anies Baswedan Diringkus Polda Jatim, Muhaimin: Sudah Seharusnya Polisi Netral

Baca Juga

Polisi Bongkar Pabrik Sabu di Pandaan, 3 Pria Ditangkap

Pasuruan,- Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang menggerebek sebuah rumah di Desa Petungsari, Kecamatan Pandaan, …