Dispopar Kota Probolinggo Berdayakan Pemuda melalui Kepramukaan

PAITON-PANTURA7.com, Sedikitnya 100 orang dari berbagai Saka Pramuka, mengikuti Pembinaan Kepramukaan yang digelar oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Probolinggo, Kamis – Jum’at (19-20/11/2020).

Pembinaan Kepramukaan dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan pemuda ini digelar di hall Pantai Bohay (Binor Harmony), Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Probolinggo, Budi Krisyanto menjelaskan, pihaknya saat ini memang sedang fokus melakukan pemberdayaan dan pengembangan pemuda.

Dikatakan Budi Kris, sapaan akrab pejabat yang juga Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Kemitraan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Probolinggo itu, bahwa pramuka adalah bagian dari pemuda.

“Oleh karenanya Dispopar bekerja sama dengan Kwarcab Kota Probolinggo, menggelar pembinaan kepramukaan ini, dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan pemuda,” papar Budi Kris.

PRAMUKA : 100 orang dari berbagai Saka Pramuka, mengikuti Pembinaan Kepramukaan yang digelar oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Probolinggo.

Ia lantas memaparkan materi lingkungan, mulai bagaimana cara merawat dan menjaga lingkungan dengan berbagai upaya hingga mengajak para pemuda menjadi pelopor pencegahan penyebaran Covid-19.

“Pramuka bisa berperan sebagai pelopor disiplin protokol kesehatan Covid-19 melalui edukasi dan penerapan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan d air mengalir dengan sabun,” pungkas dia.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Alam, Didik Sunaryoto menyebut, kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga.

“Proses ini menyenangkan, menarik dengan tujuan akhir pembentukan akhlaq mulia, disipilin dan penuh tanggungjawab,” terang Didik dalam sambutannya.

Karena masih dalam suasana pandemi, kegiatan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, para peserta harus menjalani cek suhu tubuh sebelum masuk ke lokasi kegiatan. (Adv)

Baca Juga  Masuki Musim Penghujan, BPBD Lumajang Gencarkan Sosialisasi Mitigasi Bencana

Penulis : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Aturan Baru, Makam Warga Tionghoa di Kota Probolinggo Bakal Dilengkapi Biopori

Probolinggo,- Pemerintah Kota Probolinggo mengundang perwakilan etnis Tionghoa Kota Probolinggo untuk membahas konsep pemakaman yang …