Bupati Janji Tak Akan Larang Lomba Agustusan di Probolinggo

PAITON-PANTURA7.com, Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sudah di depan mata. Namun, tahun ini kemeriahannya akan berbeda karena terjadi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Terkait hal itu, Bupati Probolingo Puput Tantriana Sari berjanji tak akan melarang warganya menggelar lomba yang biasa dilakukan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, yang jatuh pada 17 Agustus.

Namun, menurut Tantriana, seluruh pihak yang terlibat dalam lomba tersebut harus mematuhi protokol kesehatan. Dengan demikian, kesehatan dan keselamatan warga tetap terjaga.

“Lomba-lomba ini sudah menjadi sebuah budaya ya, saya tidak akan melarang. Tetapi semua kembali pada masing-masing. Kalau kemudian yakin pada disiplin masyarakat termasuk juga panitia menegakkan protokol kesehatan, ya tentu kita akan mendukung itu,” kata Tantriana di Pantai Duta, Kecamatan Paiton, Jumat (7/8/2020).

Meski mendukung, Tantriana menyarankan peserta lomba tersebut dibatasi. Sehingga memudahkan penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Karena semakin sedikit orang itu akan semakin mudah kita menegakkan protokol kesehatan, semakin banyak akan semakin sulit itu,” papar perempuan dengan 3 orang anak ini.

Lomba agustusan, dikatakan Tantriana, dapat mengingatkan warga dengan semangat kemerdekaan. Oleh karenanya, Pemkab Probolinggo juga akan tetap merayakan HUT Kemerdekaan.

“Salah satunya mengadakan upacara bendera. Namun, jumlah peserta upacara lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tandas dia.

Sekedar informasi, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo hingga berita ini ditulis mencapai 263 kasus. Dari julah itu, sebanyak 29 pasien masih dirawat, 223 pasien sembuh, dan 11 orang meninggal dunia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Cegah Balita Stunting, Pabrik ini Rutin Gelontorkan Susu ke Posyandu

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …