Tingkatkan Ekspor, ABK Dilatih Ketrampilan Penanganan Ikan

MAYANGAN-PANTURA7.com, Bertempat di Aula PPP Mayangan Probolinggo dilaksanakan kegiatan Bimtek dengan tujuan untuk peningkatan kompetensi , para nelayan di Kota Probolinggo dilatih ketrampilan menangani ikan.

Mereka mengikuti bimbingan teknik (bimtek) dalam dalam rangka sertifikasi keterampilan penanganan ikan (SKPI) bagi nelayan dan anak buah kapal (ABK).

Kegiatan yang digelar di alula Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Rabu (11/11/2020) ini merupakan kerjasama antara UPT PPP Mayangan dan HNPP Samodra Bestari. Kegiatan bimtek yang diikuti 70 peserta itu mendatangkan narasumber dari PPN Brondong, Lamongan.

“Melalui pelatihan SKPI diharapkan agar para peserta akan lebih memahami dan menerapkan ketrampilan di atas kapal. Sehingga hasil tangkapan akan bermutu tinggi dan mempunyai nilai jual yang bagus, utamanya saat ekspor,” kata Kepala Syahbandar PPP Mayangan, Arif Wahyudi.

Dikatakan kualitas ikan yang diekspor harus sesuai dengan persyaratan dari negara tujuan terutama negara-negara di Eropa.

Tujuan bimtek, kata Arif, untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan terhadap awak kapal perikanan sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 7/2019 tentang persyaratan dan tata cara penerbitan sertifikat Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB).

Ketua Harian HNPP Samodra Bestari Probolinggo,Wiwit mengatakan, bimbek untuk mendapatkan SKPI. Yakni, terkait penanganan ikan yang baik dilingkup kapal, nelayan, cara penyimpanan, pengangkutan, serta pemilihan kwalitas ikan di pasar.

Wiwit menambahkan, bukan hanya ABK yang perlu mendapat pengetahuan penanganan ikan. Para penjual juga harus memasarkan pruduk perikanan dengan hati. Memilih ikan yang baik dari nelayan, menyimpan dalam es dengan suhu yang diatur, mendemonstrasikan cara memilih ikan segar yang dapat dilihat dari mata dan insang.

Di akhir kegiatan dilaksanakan ujian tertulis. Sebanyak 70 peserta dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan SKPI. (*)

Baca Juga  Tahun Baru, Wisatawan Ramai, Lalin Tersendat

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …