Sebagian BLT DD Juli-September 2020 di Pasuruan Belum Cair

PASURUAN-PANTURA7.com, Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) belum semuanya didistribusikan oleh pemerintah desa di Kabupaten Pasuruan.

Hingga saat ini, ada beberapa desa yang belum menyalurkan BLT-DD bulan Juli sampai bulan September 2020. Hal itu dijelskan oleh Kabid Bina Keuangan dan Pelayanan di Dinas Pemberdayaan dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Isminasih.

Menurutnya, penyaluran BLT-DD dilakukan selama 9 bulan. Pada bulan April sampai Juni Rp. 600 ribu. Kemudian tiga bulan berikutnya, bulan Juli sampai September Rp. 300 ribu dan bulan Oktober hingga Desember Rp. 300 ribu.

“Nah, untuk BLT DD bulan Oktober sampai Desember, itu dilihat dari kemampuan desa. Kalau desa mampu, harus dianggarkan,” kata Isminasih, Senin (9/11/2020) sore.

Hal itu, imbuh Isminasih, karena di Permendes nomer 14 tahun 2020 maupun di Peraturan Kementrian Keuangan (PMK) nomor 156 tahun 2020, memang wajib bagi desa yang DD-nya masih tersedia.

“Entah itu kemampuannya satu bulan atau dua bulan, itu tergantung keuangan desa,” tandas Isminasih kepada PANTURA7.com.

Isminasih menambahkan, BLT DD bulan Juli sampai September di sejumlah desa belum disalurkan karena bisa jadi akan dimasukkan ke DD tahap tiga. DD tahap tiga ini pengajuannya ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang. 

“Pada saat pencairan DD tahap pertama belum ada aturan BLT-DD. Jadi DD tahap satu itu banyak yang dipakai untuk fisik dan lain lain. BLT DD bulan April sampai Juni Rp. 600 ribu dimasukkan DD tahap dua. Untuk BLT-DD bulan Juli sampai April Rp. 300 ribu menunggu DD tahap tiga cair. Untuk DD tahap dua memang sudah cair semua,” urainya. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Dititipkan ke Teman Kos, Balita 9 Bulan Justru Dibawa Kabur

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …