Usaha Las Tiga Generasi Itu Terus Menyala

KANIGARAN-PANTURA7.com, Tidak banyak usaha kecil yang lama bertahan dari generasi ke generasi di Kota Probolinggo. Di antara yang sedikit itu ada usaha bengkel las di Jalan HOS Tjokroaminoto Gang 2, Kota Probolinggo.

Bengkel las yang kini dijalankan Slamet itu tetap bertahan selama tiga generasi. Bengkel itu awalnya dirintis sang kakek, dilanjutkan sang bapak, dan terakhir sang cucu (Slamet).

Berusia paro baya, Slamet tidak canggung lagi menjalankan usahanya di tempat berukuran 3 x 3 meter persegi. Di depan bengkel las itu terpasang papan nama berukuran sekitar 35 x 65 Cm. Sebagian cat papan nama itu terkelupas. Terpampang tulisan Bengkel Las “ SLAMET. Terima: Body Repaire Mobil, Sepeda Motor, Pagar, Teralis dan lain lain.”

Di temui di bengkel las karbit dan listriknya, Sabtu (10/10/2020), Slamet tampak sibuk mengelas. Ia bekerja di antara peralatan bengkel dan bahas las untuk membuat pagar, kanopi, teralis, las mobil dan lainnya.

Bapak lima anak ini bercerita, mengapa keluarganya bertahan menekuni usaha las. “Ini kami lakukan demi anak-anak dan keluarga. Lagi pula pekerjaan mengelas ini dilakukan sejak zaman kakek,” katanya.

Slamet pun kini mulai membekali anak-anaknya dengan keterampilan mengelas. “Alhamdulillah anak-anak saya sudah mulai pandai mengelas,” ujarnya.

Ia menceritakan, bengkel las itu awalnya dengan bermodal sekitar Rp 200.000. Peralatan yang dibeli seadanya. Bahkan banyak peralatan bekas yang dibeli untuk bengkel las. Baik itu untuk peralatan las karbit maupun listrik.

Nobon Nur, salah seorang putra Slamet mengakui, ayahnya sangat disiplin dalam mendidik anak. “Alhamdulilla, kini kami sudah jadi orang dan memiliki keahlian dalam bidang mengelas. Mengelas apa saja,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Ribuan Vaksin Pelayanan Publik dan Jurnalis Tiba di Gudang Kesehatan

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …