Tempat Wisata ‘Kumkum’ di PPP Mayangan Dipercantik

MAYANGAN-PANTURA7.com, Meski memiliki garis pantai sepanjang sekitar 7 kilometer, Kota Probolinggo belum banyak menyuguhkan destinasi wisata bahari. Anehnya, objek vital seperti Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan kini dilirik menjadi objek wisata yang dikunjungi banyak orang.

Perairan di sebelah barat PPP Mayangan menjadi tempat ratusan warga melakukan terapi kesehatan, berendam (kumkum) di laut. Kini para warga yang tergabung dalam paguyuban kumkum itu berusaha mempercantik kawasan PPP Mayangan.

“Kawasan pantai yang digunakan kumku itu kini dilengkapi beragam item seperti, taman, pusat kuliner, gazebo dan juga tempat swafoto,” kata Kepala Syahbandar PPP Mayangan, Arif Wahyudi, Sabtu (10/10/2020).

Dana untuk mempercantik kawasan pantai itu bersumber dari swadaya komunitas atau pun warga yang berendam. “Insya-Allah ditargetkan dalam seminggu ini, pembangunannya sudah selesai,” katanya.

Sementara itu Sutanto, pengurus Komunitas Kumkum mengatakan, bagunan seperti taman, tempat duduk, dan gazebo untuk menambah daya Tarik bagi pengunjung. Apalagi pengunjung juga dimanjakan untuk menikmati kuliner di tepi pantai.

“Sebenarnya ada sejumlah spot menarik di PPP Mayangan. Selain itu kami juga melakukan penanaman pohon mangga, sawo, hingga kelapa,” katanya.

Djumadi, salah satu warga mendukung pembangunan di kawasan PPP Mayangan. “Mudah-mudahan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dengan berjualan makanan dan minuman,” harapnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Bibit Mangrove Ditebang, Abrasi Pantai Mengancam

Baca Juga

Jembatan Kaca Bromo Diserahkan ke Pemkab Probolinggo dan TNBTS, Tinggal Diresmikan

Probolinggo,- Jembatan kaca yang berada di Seruni Point, Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten …