Pendaftaran Pilwali Pasuruan Dibuka Besok, Bapaslon Harus Negatif Covid-19

PASURUAN-PANTURA7.com, Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan (Pilwali) 2020, resmi dimulai. Besok, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat akan membuka pendaftaran pasangan calon.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Pasuruan Hasan Asyuro memaparkan, pendaftaran pasangan calon (paslon) akan dibuka selama 3 hari, yakni sejak tanggal 4 hingga 6 September 2020.

“Pendaftaran pasangan calon dilakukan secara serentak, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2020,” kata Hasan, Kamis (3//9/2020).

Menurut Hasan, pendaftaran dibuka mulai pukul Jum’at pukul 00.00 WIB hingga Minggu pukul 24.00 WIB. Ia menambahkan, ada sejumlah syarat-syarat tertentu bagi paslon agar pendaftarannya diterima.

“Bapaslon harus melakukan tes PCR sebelum mendaftar dan dinyatakan negatif Covid-19 sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2020 pasal 50A yang menyebutkan, setiap bapaslon harus melakukan pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) sebelum masa pendaftaran dan hasilnya dinyatakan negatif,” papar dia.

Tes PCR ini menjadi syarat wajib karena saat ini terjadi pandemi Covid-19. “Jadi hasil tes diserahkan saat melakukan pendaftaran,” ia menjelaskan.

Jika ada bapaslon yang terpapar Covid-19, maka Bapaslon atau salah satu Bapaslon tersebut tidak diperkenankan hadir pada saat pendaftaran di KPU dan oleh KPU. “Hasil tes dituangkan dalam berita acara,” paparnya.

Saat ini, ada dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang berdasarkan kursi dukungan di parlemen, memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Periode 2020 – 2024.

Mereka adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Adi Wibowo yang diusung PKBB, Partai Golkar, PKS, PAN dan PPP. Lalu Raharto Teno Prasetyo – Moh. Hasjim Asy’ari (TEGAS) yang diusung PDI-P, Nasdem, Gerindra, dan Hanura. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  KPU Tetapkan Gus Ipul-Mas Adi Pemenang Pilwali Pasuruan

Baca Juga

Paslon Independen di Kota Probolinggo Wajib Kumpulkan 17.851 Dukungan

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, Sabtu (4/5/24), menggelar Sosialisasi Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan …