Pilkada 2020, KPU Jatim Targetkan 77,5% Suara

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, KPU Jawa Timur menyatakan optimistis, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Desember 2020 mendatang mencapai target nasional dengan partisipasi pemilih 77,5%.

Sebelumnya, target nasional untuk partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 ditetapkan 80%. Karena melihat situasi masih pandemi Covid-19 sehingga target tersebut diturunkan sebesar 2,5 persen menjadi 77,5%.

“Kami dari KPU Jatim optimistis target nasional 77,5 persen bisa dipenuhi,” kata Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam ditemui di sela-sela kegiatan di KPU Kota Probolinggo, Selasa (3/11/2020).

Keoptimisan ini melihat beberapa pelaksanaan sebelumnya, seperti pada pemilu 2019 partisipasi pemilih mencapai 82,3%, dan saat pilkada Gubernur Jawa Timur partisipasi pemilih mencapai 67,7%.

Hal itu didukung sumber daya manusia (SDM) yang berjumlah 502.000 orang penyelenggara pilkada dan 1.000 relawan demokrasi di Jawa Timur. Mereka akan dioptimalkan untuk sosialisasi kepada masyarakat dengan cara langsung ke rumah-rumah untuk mengingatkan pilkada yang akan dilangsungkan 9 Desember 2020.

Tidak hanya itu, KPU juga melakukan simulasi pilkada secara riil di Kediri dan Sumenep, partisipasi pemilih di TPS mencapai 85%. Artinya masyarakat di daerah sangat antusias untuk berpartisipasi pada Pilkada 2020.

“Ini semua kami lakukan untuk melihat kesiapan pilkada di tengah pandemi, seperti kesiapan alat pelindung diri juga mengukur kemampuan kehadiran pemilih ke TPS,” pungkasnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Peserta Pemilu Tak Daftar Akun Medsos, Apa Konsekuensinya?

Baca Juga

Tujuh Bulan Jelang Pilkada Kabupaten Probolinggo, Elektabilitas Gus Haris Teratas

Jakarta,- Lembaga survei LSI Denny JA merilis hasil survei politik di tengah ramainya persiapan perhelatan …